17 July 2023, 15:40 WIB

Jabatan Menhan Kuatkan Elektoral Prabowo


Widhoroso | Politik dan Hukum

DOK Kemenhan
 DOK Kemenhan
Prabowo Subianto 

PELUANG Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto maju sebagai calon presiden (capres) makin terbuka lebar. Posisi sebagai Menteri Pertahanan (Menhan) semakin menguatkan daya elektoral Prabowo sebagai capres pada Pilpres 2024.

Hal itu diungkapkan pengamat politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Wasisto Raharjo Jati, Senin (17/7). "Posisi menhan kan salah satu dari tiga posisi strategis dalam kabinet," ucapnya.

Wasisto mengatakan posisi sebagai Menhan tentu sangat strategis bagi Praboso untuk mendapat dukungan elektoral termasuk dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ia mengatakan, Prabowo dipandang banyak kalangan memiliki kompetensi untuk melanjutkan kepemimpinan Indonesia ke depan.

Menurutnya, posisi Menhan menjadi sangat strategis lantaran sebagai Kementerian yang peran besarnya sangat dibutuhkan. Terutama untuk mendorong hadirnya keutuhan dan persatuan di masyarakat. Hal itu, jelas Wasisto, membuat sangat wajar jika Prabowo didukung Presiden Jokowi untuk maju dalam pilpres mendatang.

Merujuk pada hasil Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA periode 30 Mei-12 Juni 2023, Prabowo meraih elektabilitas sebanyak 36,1 persen. Di survei yang sama tingkat kepercayaan publik terhadap Presiden Jokowi mencapai 90 persen. Diyakini, mayoritas pendukung Jokowi turut merapat ke Prabowo. (RO/R-2)

BERITA TERKAIT