30 May 2023, 07:20 WIB

Tahun 2045 Indonesia Ditargetkan Bebas Korupsi


Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum

Medcom/Fachri
 Medcom/Fachri
KPK menargetkan tindakan koruptif di Indonesia hilang pada 2045. Keinginan itu dijamin bisa dicapai jika upaya pendidikan digencarkan.

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menargetkan tindakan koruptif di Indonesia hilang pada 2045. Keinginan itu dijamin bisa dicapai jika upaya pendidikan digencarkan.

"Tahun 2045, kita berharap Indonesia sudah terbebas dari korupsi," kata Deputi Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana melalui keterangan tertulis, Selasa (30/5).

Wawan menjelaskan mendidik masyarakat dan kaum muda agar berintegritas tinggi saat ini penting. Sikap antikorupsi wajib tertanam dalam hati mereka jika sudah memimpin pada 2045.

Baca juga: 73,9% Masyarakat Sebut RUU Perampasan Aset Mendesak Disahkan

"Di 20 tahun yang akan datang itu, anak milenial, termasuk anak kita, bukan tidak mungkin akan menduduki peran penting di Indonesia," ucap Wawan.

Pendidikan antikorupsi dipastikan tidak hanya menyasar individu. KPK juga bakal mendoktrin lingkungan keluarga agar bisa tegas menolak seluruh tindakan haram tersebut.

Baca juga: Masa Jabatan Pimpinan KPK jadi 5 Tahun Dikritik, Ghufron: Jangan Anarki

"Dengan peran keluarga yang terus menanamkan nilai antikorupsi, kita berharap anak-anak tumbuh dengan integritas," ujar Wawan.

KPK memiliki tiga strategi yakni penindakan, pencegahan, dan pendidikan dalam memberantas korupsi di Indonesia saat ini. Konsep itu diberi nama trisula.

KPK meyakini strategi trisula itu mujarab menghapus korupsi. Lembaga Antirasuah yakin tindakan koruptif bakal menjadi sejarah pada 2045.

"KPK terus berupaya melakukan pemberantasan korupsi melalui strategi trisula. Selain penindakan, strategi ini juga diperkuat dengan pencegahan dan pendidikan yang bisa dimulai dari lingkup keluarga," tutur Wawan. (Z-3)

BERITA TERKAIT