16 March 2023, 21:00 WIB

Golkar Ogah Bikin Poros Baru untuk Pemilu 2024, KIB Dianggap Masih Solid


FACHRI AUDHIA HAFIEZ | Politik dan Hukum

Medcom/Fachri
 Medcom/Fachri
Ketua DPD I Jawa Barat Partai Golkar Ace Hasan Syadzily.

PARTAI Golkar menegaskan tak akan membuat poros baru. Partai berlogo pohon beringin itu masih solid dengan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Amanat Nasional (PAN) yang tergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

"Posisi Golkar yang masih menjadi bagian dari KIB, maka kita tidak bisa dipisahkan dalam konteks koalisi ini dengan KIB," kata Ketua DPD I Jawa Barat Partai Golkar Ace Hasan Syadzily di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, Kamis, 16 Maret 2023.

Ace mengatakan hal itu merespons Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat yang menyatakan membuka diri dan berpeluang kerja sama dengan partai politik (parpol) lain. Selain itu, PDIP juga sudah menjajaki pertemuan dengan PPP.

Baca juga : Yusril Berharap Ada Koalisi Partai Nasional Islam di Pemilu 2024

KIB, kata Ace, sejatinya merestui membuka kerja sama dengan partai serta koalisi lain. Namun, KIB tidak akan bubar.

"Sejak awal KIB jelas membuka diri untuk bekerja sama dengan partai yang lain menambah dukungan dari partai-partai yang lain. Karena itu termasuk juga dengan koalisi-koalisi yang lain. KIB sendiri tidak bubar. Saya kira itu jelas ya. Jadi jangan sampai ditafsirkan bahwa Golkar main sendiri, berkoalisi dengan partai lain," ujar Ace.

Ace menambahkan Golkar bersama KIB konsisten mengikuti tahapan pemilihan umum (Pemilu) 2024 versamat. Termasuk dalam menentukan capres dan cawapres bakal dirembukkan bersama PPP dan PAN.

"Konsisten dalam tahapan termasuk nanti menentukan siapa figur capres, cawapres," ucap Ace. (MGN/Z-4)

BERITA TERKAIT