05 October 2022, 13:22 WIB

Presiden: TNI Harus Tingkatkan Profesionalitas


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Arnas Padda
 ANTARA FOTO/Arnas Padda
TNI

PRESIDEN Joko Widodo memerintahkan Tentara Nasional Indonesia (TNI) untuk terus meningkatkan profesionalitas. Di tengah tantangan bangsa yang semakin kompleks, angkatan bersenjata harus melanjutkan pemenuhan Minimum Essential Force, membangun kekuatan yang selaras dengan pembangunan nasional.

"Di tengah tantangan bangsa yang kompleks, saya minta TNI terus meningkatkan profesionalitas. TNI harus terus secara bertahap melanjutkan pemenuhan minimum essential force. Pembangunan kekuatan perlu terus selearas dengan pembangunan nasional," ujar Jokowi saat perayaan HUT ke-77 TNI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (5/10).

Kepala Negara juga berpesan agar program bela negara dilanjutkan sesuai dengan prinsip-prinsip demokrasi.

"Ini perlu dilakukan untuk mempertahankan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pancasila dan UUD 1945," tuturnya.

Baca juga: TNI bakal Proses Hukum Oknum Prajurit yang Tendang Suporter

TNI juga diminta terus bersinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia untuk menyelesaikan berbagai persoalan bangsa. Kedua institusi keamanan itu diharapkan turut serta menangani berbagai krisis yang sedang melanda negara, dan juga mengendalikan inflasi.

"Bantu mencapai kemandirian pangan, pengendalian inflasi. Jaga pertahanan dan keamanan agar masyarakat bisa berkarya optimal dalam menghadapi berbagai macam tantangan-tantangan yang ada," tutur mantan wali kota Surakarta itu.(OL-5)

BERITA TERKAIT