03 October 2022, 22:44 WIB

Kapolri Naikkan Pangkat Anggota yang Tewas dalam Tragedi Kanjuruhan


Khoerun Nadif Rahmat | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Polisi mengevakuasi mobil yang rusak akibat kerusuhan di lapangan Stadion Kanjuruhan, Malang.

KAPOLRI Jendral Listyo Sigit Prabowo memberikan penghargaan kepada dua anggota kepolisian yang tewas saat bertugas mengamankan laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan, Malang.

"Bapak Kapolri memberikan reward kepada anggota Polri yang gugur dalam melaksanakan tugas," ungkap Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Senin (3/10).

Baca juga: Menkopolhukam: Pemerintah Bentuk TGIPF Usut Tragedi Kanjuruhan

Anggota yang tewas dalam insiden Kanjuruhan ialah Briptu Fajar Yoyok Pujiono, yang merupakan anggota Polsek Dongko di Trenggalek. Lalu, Brigadir Andik Purwanto yang merupakan anggota Polsek Sumbergempol di Tulungagung.

Lebih lanjut, dia menjelaskan bahwa Briptu Fajar dan Brigadir Andik dinaikkan pangkatnya setingkat lebih tinggi. "Sudah dinaikkan pangkat luar biasa anumerta setingkat lebih tinggi," imbuh Dedi.

Baca juga: Buntut Tragedi Kanjuruhan, Polri Copot Kapolres Malang

Adapun jenazah Briptu Fajar dan Brigadir Andik juga sudah dimakamkan secara kedinasan. Ratusan orang meninggal dunia akibat insiden di Stadion Kanjuruhan, yang dipicu kekecewaan suporter dan tembakan gas air mata.

Dalam laga tersebut, suporter Arema FC diduga tidak terima atas kekalahan dengan skor 2-3 dari Persebaya. Para suporter pun turun ke lapangan, yang kemudian disambut tembakan gas air mata dari aparat keamanan.(OL-11)

BERITA TERKAIT