03 October 2022, 20:29 WIB

KPK: Kami Tidak Pernah Menyebutkan Seseorang jadi Tersangka Formula-e


Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
 ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Wakil Ketua Alexander Marwata

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) menegaskan kabar simpang siur terkait nama tersangka pada kasus dugaan rasuah dalam penyelenggaraan Formula E di Jakarta hoaks. Lembaga Antikorupsi belum menentukan tersangka dalam kasus itu.

"Saya sampaikan beberapa kali bahwa KPK belum pernah menyebutkan seseorang sebagai tersangka karena masih penyelidikan," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, hari ini.

Alex mengatakan kasus ini masih di tahap penyelidikan. Lembaga Antikorupsi baru mencari kronologi pelanggaran hukum dalam kasus itu.

Alex juga menegaskan kasus tersebut merupakan permasalahan hukum. Instansinya tidak berpolitik dalam pengusutan kasus dugaan korupsi dalam ajang balap mobil listrik di Ibu Kota itu.

"Sekali lagi saya sampaikan, KPK tidak pernah menargetkan orang," tegas Alex.

Baca juga: Jokowi Santuni Korban Jiwa Tragedi Kanjuruhan Rp50 Juta

Sebelumnya, KPK mengamini telah melakukan gelar perkara dalam kasus dugaan rasuah pada penyelenggaraan Formula E. Namun, masih belum ada tersangka yang ditetapkan.

"Dalam gelar perkara tersebut dipaparkan hasil pengumpulan informasi oleh tim, untuk mendapatkan saran dan masukan dari seluruh pihak yang ikut dalam forum tersebut," kata juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri kepada Medcom.id, Senin, 3 Oktober 2022.

Ali mengatakan gelar perkara merupakan pertemuan antara penyidik dan beberapa pejabat di KPK membahas perkembangan kasus. Semua peserta menyampaikan hasil analisis dan pandangannya dalam penanganan perkara yang dibahas. (OL-4)

BERITA TERKAIT