17 September 2022, 19:08 WIB

Panglima TNI: Latihan Marinir RI-AS Perkuat Persahabatan


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa saat meninjau latihan militer.

PANGLIMA TNI Jenderal Andika Perkasa menyatakan bahwa program latihan tempur pasukan Marinir Indonesia dengan Amerika Serikat (AS) menjadi sarana menciptakan hubungan persahabatan yang erat untuk jangka panjang. 

"Kalau mereka ada kesan saat latihan gabungan? Kesan itu akan dikenang dalam hidup mereka (para prajurit TNI)," ujar Andika dalam kanal YouTube resminya, Sabtu (17/9).

Menurutnya, ketika para prajurit TNI tersebut akan naik dalam rantai komando. Misal, mencapai naik jenderal berbintang, ingatan khusus soal latihan gabungan tersebut tentunya masih tetap melekat.

Baca juga: AS dan Sekutu Latihan Pengeboman di Timur Tengah

"Lalu, punya memori yang bagus bahwa pernah latihan bersama Marine Expeditionary Unit. itu akan membuat masa depan Marinir Indonesia menjadi lebih baik," jelasnya.

"Begitu juga dengan nilai-nilai yang bagi saya hal paling penting. Mereka harus mendapatkan ini semua dan persahabatannya," imbuh Andika.

Baca juga: TNI AD Diminta Tak Bersikap Impulsif Nanti Benar ala Gerombolan

Latihan tempur gabungan Marinir tersebut merupakan rangkaian dari latihan gabungan bersama Super-Garuda Shield (SGS), yang telah digelar pada Agustus 2022.

Dalam latihan gabungan tersebut, dirinya bergabung memimpin pasukan khusus Marinir Indonesia-AS untuk menaklukkan target dalam latihan. Andika secara resmi diangkat sebagai Warga Kehormatan Pasukan Petarung Baret Ungu Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

Pengangkatan sebagai Warga Kehormatan Korps Marinir itu dilakukan dalam Upacara Pembaretan, yang dipimpin Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono di Pantai Todak Dabo Singkep, Kepulauan Riau.(Ant/OL-11)

BERITA TERKAIT