16 September 2022, 14:56 WIB

Anies Ungkap Niat Siap Nyapres, NasDem: Kami Masih Tahap Bangun Koalisi


Putra Ananda | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
 ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso
Tampilan jendela bidik Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan secara terbuka untuk maju sebagai calon presiden (capres) pada Pemilu Presiden (pilpres) 2024 apabila ada partai politik (parpol) yang memberikan dukungan kepada dirinya.

Sebagai partai pertama yang menyatakan dukungannya kepada Anies, politisi Partai NasDem Willy Aditya mengapresiasi kesanggupan Anies untuk menjadi capres 2024.

"NasDem tentu apresiasi kesanggupan Anies. Namun tentu kita saat ini masih berproses membangun koalisi," ujar Willy saat dihubungi di Jakarta, Jumat (16/9).

Menurut Willy, nantinya koalisi yang dibangun NasDem yang akan menentukan siapa yang akan diusung menjadi capres. Selain itu, sebelum akhir tahun tepatnya di bulan November NasDem akan segera mengumunkan 1 nama yang akan diusung sebagai capres untuk ditawarkan kepada koalisi.

"Sebelum akhir tahun sudah memutuskan 1`nama yang akan diusung oleh NasDem," ungkapnya.

Baca juga: Kader Demokrat Ingin AHY Maju Sebagai Capres

Willy menjelaskan sejauh ini NasDem sudah menjalin komunikasi yang intens dengan beberapa partai. Antara lain dengan Demokrat dan juga PKS. Kesepahaman antara ketiga partai tersebut sudah mulai terbangun.

"Tapi belum sampai pada tingkat kesepkatan ya," ungkapnya.

Sementara itu terkait keinginan kuat kader Demokrat yang ingin mencalonkan ketua umum mereka Agus Harimurti Yudhoyono sebagai capres 2024, Willy mengungkapkan pihaknya menghormat seluruh keputusan dari Demokrat. Menurut Willy, pihaknya akan mepertimbangan kecocokan pasangan capres dengan melihat aspek kuantitatif dan juga kualitatif dari calon yang akan diusung nantinya.

"Kita lihat nanti keputsan koalisi bagaimana," ungkapnya. (OL-4)

BERITA TERKAIT