08 September 2022, 20:30 WIB

Firli: Pemeriksaan Anies Baswedan Dalam Koridor Hukum, Bukan Politik


Mediaindonesia | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Reno Esnir
 ANTARA FOTO/Reno Esnir
Ketua KPK Firli Bahuri 

KETUA Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menegaskan pihaknya tidak berpolitik dengan memanggil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, kemarin. Firli memastikan Anies dipanggil untuk mendalami penyelidikan dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

"Tidak ada kepentingan lain kecuali dalam rangka penegakan hukum dan ingat, lembaga KPK semua peristiwa di sini adalah peristiwa hukum," kata Firli di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, hari ini.

Firli mengatakan KPK tidak pernah bekerja di luar koridor hukum. Sehingga, politik bukan urusan KPK. "Jadi tidak ada peristiwa di KPK di luar proses hukum, kalaupun ada pendapat lain atau mengkritisi KPK silahkan saja," tegas Firli.

Baca juga: Setelah Disidang Selama 6 Jam, AKP Dyah Dijatuhi Hukuman Demosi

KPK memeriksa Anies Baswedan kemarin. Dia menjadi saksi dalam penyelidikan dugaan korupsi dalam penyelenggaraan Formula E di Jakarta.

"Saya ingin sampaikan senang sekali bisa kembali membantu KPK dalam menjalankan tugasnya," kata Anies di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 7 September 2022.

Anies mengatakan pihaknya konsisten membantu KPK dalam memberantas korupsi. Menurutnya, sudah banyak program Pemprov DKI yang membantu KPK. (OL-4)

BERITA TERKAIT