22 August 2022, 12:57 WIB

NasDem Tidak Tertutup Kemungkinan Koalisi dengan PDI Perjuangan


Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum

Dok. Metro TV
 Dok. Metro TV
Pertemuan Ketua umum NasDem Surya Paloh dan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani

KETUA DPP Partai NasDem Willy Aditya membuka kemungkinan berkoalisi dengan PDI Perjuangan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

"Tidak tertutup kemungkinan," kata Willy di NasDem Tower, Jakarta, Senin, 22 Agustus 2022.

Willy menegaskan NasDem tidak memiliki permasalahan dengan partai manapun. Sepanjang partai yang diajak berkoalisi bisa membangun kesepakatan bersama. 

Baca juga: Pertemuan Surya Paloh dan Puan Menepis Kabar Kerenggangan NasDem dan PDI Perjuangan 

Salah satu kesepakatan itu mengacu pada hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem. Di mana NasDem memiliki tiga bakal calon presiden, yakni  Gubernur Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

"Tentu juga harus menghormati apa yang sudah menjadi keputusan Rakernas ini. Nah, itu yang kemudian menjadi sebuah keputisan kolektif yang sudah kami lalui," ungkap Wakil Ketua Badan Legislasi tersebut.

Dia menyampaikan kerja sama politik antara NasDem dan PDI Perjuangan tak hanya sebatas Pilpres 2024. Banyak hal yang bisa dilakukan bersama kedua partai papan atas di Indonesia tersebut.

"Banyak hal yang bisa dikerjasamakan dengan PDI Perjuangan dengan dialog hari ini saja dengan kehadiran Mbak Puan hari ini saja itu memberikan persepsi kepada publik bahwa pendidikan politik kita sangat kualitatif," ujar dia. (P-5)

BERITA TERKAIT