17 August 2022, 12:48 WIB

7+7 Pesawat Tempur dengan Formasi 77 Warnai HUT ke-77 RI di Istana


Indriyani Astuti | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
 ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto
Pesawat F-16 membentuk formasi 77 saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi di Jakarta, hari ini.

SEBANYAK 14 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon milik TNI Angkatan Udara (AU) yang tergabung dalam Garuda Flight melintas di atas Istana Merdeka dalam rangkaian peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 RI, Kamis (17/8).

Garuda Flight bermanuver dengan formasi 77 dipimpin oleh Flight Leader Mayor Penerbang Bambang Yudistira yang merupakan Komandan Skadron Udara 16 Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin, Pekanbaru, Riau dengan Deputi Mayor Penerbang Pandu Eka Prayoga Komandan Skadron Udara 3 Lanud Iswahjudi Madiun.

“Kami skuadron udara di bawah langit ibu kota mengucapkan selamat ulang tahun ke-77 kemerdekaan RI tahun 2022, pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat!,” ujar Flight Leader Mayor Penerbang Bambang Yudistira dari dalam kokpit pesawat F-16 seperti disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden.

Baca juga: Dari Sri Mulyani Hingga Prabowo Joget Bersama saat Ojo Dibandingke Melantun di Istana

Atraksi itu kemudian disusul oleh Nusantara Flight dengan giant flight formation yang membawa bendera merah putih dipimpin oleh Lekol Penerbang Immanuel Simarmata.

Rangkaian formasi Nusantara Flight merupakan gabungan helikopter milik TNI dan Polri yang melambangkan dua komponen fondasi kedua institusi tersebut dalam menjaga keamanan dan pertahanan NKRI. (OL-4)

BERITA TERKAIT