15 August 2022, 15:23 WIB

HUT RI, Pesawat TNI Siap Bentuk Angka 77 di Atas Istana Negara


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Pesawat TNI saat melakukan manuver di udara.

MEMPERINGATI HUT RI ke-77, sebanyak 18 unit pesawat tempur F-16 Fighting Falcon TNI AU disiapkan untuk terbang secara serentak.

Seluruh pesawat akan take off di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Lalu, dijadwalkan mengudara di atas Istana Negara Jakarta pada Rabu 17 Agustus 2022.

"Demo udara ini bagi kami, TNI dan Polri, suatu kebanggaan, khususnya. Bahwa, kami dipercaya kembali untuk melaksanakan demo udara," jelas Kadispenau Marsma Indan Gilang Buldansyah, Senin (15/8).

Baca juga: HUT RI: Pulau Terluar Papua Barat Bentangan 77 Meter Bendera Merah Putih

Adapun sejumlah pesawat F16 akan membentuk angka 77, kemudian melintas di atas Istana Negara. Tak hanya pesawat F16, pihaknya menyiapkan penerbangan helikopter dengan membawa bendera Merah Putih raksasa seberat 1,3 ton. 

"Kita siapkan delapan helikopter masing-masing flight itu ada dua elemen. Satu membawa bendera dan satunya membawa giant flag," imbuh Indan.

Untuk mempersiapkan aksi demo udara, pilot dan wingman dari pelbagai skuadron sudah berlatih sebanyak tiga kali. "Kita sudah menyelesaikan gladi bersih pelaksanaan demo udara, yang akan dilaksanakan pada 17 Agustus 2022," katanya.

Baca juga: Gerak Jalan Meriahkan HUT ke-77 Kemerdekaan RI

Nantinya, pesawat tempur Garuda Flight akan melintas dari selatan Jakarta, hingga tepat di depan Istana Negara, dengan membentuk angka 77. Lalu, tim helikopter terbang melintas dari arah timur ke barat dan melintas di depan Istana Negara, tepatnya di sekitar Monas.

"Kami perlu sampaikan bahwa kegiatan ini sudah dipersiapkan beberapa minggu sebelumnya," tutur Indan.  

Aksi membentuk angka 77 dengan pesawat F16 disebutnya bukan hal yang mudah. Pasalnya, aksi tersebut menuntut akurasi tinggi untuk membentuk angka 77.

"Itu seakan terlihat mudah. Padahal, perlu latihan dan juga tingkat keterampilan tertentu," pungkasnya.(OL-11)

BERITA TERKAIT