09 August 2022, 16:44 WIB

Jaksa Agung Angkat Tujuh Kepala Kejaksaan Tinggi Baru


Tri Subarkah | Politik dan Hukum

MI/ Susanto
 MI/ Susanto
Jaksa Agung ST Burhanuddin

JAKSA Agung Sanitiar Burhanuddin mengangkat tujuh Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajari) baru. Kebijakan itu berdasarkan Keputusan Jaksa Agung Nomor 245 Tahun 2022 yang diteken Senin (8/8).

Satu dari tujuh pejabat struktural yang ditunjuk menjadi Kajati adalah Direktur Upaya Hukum Luar Biasa, Eksekusi, dan Eksaminasi (Uheksi) pada Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khsusu (JAM-Pidsus) Sarjono Turin. Burhanuddin mengangkatnya menjadi Kajati Sumatra Selatan.

Sarjono bukan satu-satunya Direktur pada JAM-Pidsus diangkat menjadi Kajati. Ada pula nama Direktur Penyidikan Supardi yang diangkat menjadi Kajati Riau menggantikan posisi Jaja Subagja yang ditunjuk Burhanuddin sebagai Direktur Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer.

Lima Kajati baru lainnya adalah Wakil Kajati Sumatera Utara Edyward Kaban yang kini menjadi Kajati Maluku, Direktur Penuntutan pada Jaksa Agung Muda Bidang Pidana Militer Agus Salim yang diangkat menjadi Kajati Sulawesi Tengah.

Berikutnya Pathor Rahman selaku Direktur Perdata pada Jaksa Agung Muda Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara ditunjuk sebagai Kajati Kalimantan Tengah, Wakil Kajati Sumatera Selatan Muhammad Naim diangkat sebagai Kajati Sulawesi Barat, dan Elan Suherlan yang sebelumnya menjabat Kepala Pusat Pemulihan Aset (PPA) menjadi Kajati Jambi.

Kepala Pusat Penerangan Hukum Kejaksaan Agung Ketut Sumedana mengatakan pengangkatan pejabat struktural itu merupakan mutasi dan promosi rutin dalam institusi kejaksaan.

"Dalam rangka penyegaran organisasi dan tour of duty," ujar Ketut melalui keterangan tertulis. (OL-8)

BERITA TERKAIT