29 July 2022, 14:58 WIB

Presenter Brigita Manohara Kembali Dipanggil KPK


Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Reno Esnir
 ANTARA FOTO/Reno Esnir
Jurnalis TV Swasta Brigita P. Manohara, memberikan keterangan kepada wartawan, usai diperiksa sebagi saksi, di Gedung KPK, Jakarta.

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil presenter televisi Brigita Purnawati Manohara. Ia diperiksa sebagai saksi terkait kasus dugaan korupsi penerimaan suap serta gratifikasi terkait pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah Provinsi Papua.

"Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka RHP (Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak)," kata pelaksana tugas (Plt) juru bicara bidang penindakan KPK Ali Fikri melalui keterangan tertulis, hari ini.

Ali belum membeberkan materi yang akan digali penyidik. Sementara, ini merupakan pemanggilan kedua yang dilayangkan KPK kepada Brigita.

Pada pemeriksaan sebelumnya, Brigita mengaku menerima Rp480 juta dari Ricky. Uang itu akan didalami dan menjadi bukti dari perkara yang menjerat Ricky.

Baca juga: Demi Tegakkan Integritas, Jaksa Agung Siap Gunakan Tangan Besi

Brigita mengatakan seluruh uang itu telah dikembalikan ke KPK. Pengembalian uang itu disebutnya untuk mempercepat pengusutan kasus dugaan suap dan gratifikasi di Mamberamo Tengah.

Bupati Mamberamo Tengah Ricky Ham Pagawak merupakan tersangka kasus dugaan suap dan gratifikasi pelaksanaan berbagai proyek di Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mamberamo Tengah. Dia kini menjadi buronan karena mangkir terus dalam pemanggilan penyidik KPK. Ricky diduga kabur ke Papua Nugini. (OL-4)

BERITA TERKAIT