13 July 2022, 16:40 WIB

Survei Indikator: Masyarakat Dukung Erick Thohir Bersih-bersih BUMN


Widhoroso | Politik dan Hukum

ANTARA
 ANTARA
Ilustrasi 

KEBERANIAN Menteri BUMN Erick Thohir melakukan bersih-bersih di tubuh BUMN mendapat dukungan dan apresiasi dari masyarakat. Masyarakat mendukung Erick Thohir untuk terus mengungkap kasus-kasus korupsi.

Direktur Eksekutif Indikator, Burhanuddin Muhtadi menyebutkan dari total 1.200 responden, sebanyak 51,5 persen masyarakat optimis Erick Thohir mampu melakukan perbaikan di tubuh BUMN. Angka ini melonjak jika dibandingkan pada survei April 2022 lalu yang berada di angka 39,5 persen. Hal tersebut terekam dalam temuan Lembaga Survei Indikator periode 16-24 Juni 2022.

"Mayoritas (masyarakat) mendukung langkah Erick Thohir melakukan bersih-bersih di BUMN. Banyak juga yang memberikan apresiasi," ujar Burhanudin.

Ia mengatakan masyarakat juga mengapresiasi Erick Thohir yang melibatkan Kejaksaan Agung dan instansi terkait untuk menungkapkan penyelewengan-penyelewengan di BUMN. Strategi tersebut terbukti ampuh dalam menyelamatkan keuangan perusahaan-perusahaan pelat merah tersebut.

"Apa yang dilakukan Erick Thohir, bekerja sama dengan Kejaksaan Agung dalam membongkar kasus-kasus korupsi di unit usaha BUMN merupakan terobosan yang menghasilkan banyak apresiasi dari masyarakat," terang Burhanuddin.

Sejak dikomandoi Erick Thohir, kasus-kasus mega korupsi di BUMN yang merugikan negara hingga triliunan rupiah berhasil diungkap. Mulai dari kasus yang terjadi di PT Asuransi Jiwasraya (Persero), PT Asabri (Persero), serta PT Garuda Indonesia.

Untuk kasus Jiwasraya, kerugian negara mencapai Rp16,8 triliun, sementara Asabri dan Garuda masing-masing memberatkan uang negara sebesar Rp22,78 triliun dan Rp8,8 triliun. Erick Thohir terus berkomitmen untuk melakukan bersih-bersih BUMN sehingga bisa membantu negara menyejahterakan masyarakatnya. (RO/OL-15)

BERITA TERKAIT