04 July 2022, 23:11 WIB

Pengadilan Putuskan Tonny Permana Sah Pemilik Tanah Salembaran Jaya


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Dok MI
 Dok MI
Ilustrasi

MAJELIS Pengadilan Negeri Jakarta Utara memutuskan menolak gugatan perkara dengan nomor 438/Pdt.G/2021/PN Jkt yang diajukan oleh Ahmad Ghozali terkait kepemilikan tanah di Salembaran Jaya terhadap Tonny Permana, Senin (4/6).

Dalam sidang itu, Ketua Majelis Hakim, Rudi Fakhrudin Abbas menyatakan, Tonny Permana merupakan pemilik tiga SHM yang sah atas tanah di Salembaran Jaya, Kosambi, Kabupaten Tangerang.

Dalam putusan sidang yang dibacakan, majelis menegaskan Ahmad Ghozali telah melakukan perbuatan melawan hukum

Pihak Tonny Permana mengapresiasi putusan majelis hakim. Kuasa hukum Tonny Hema A.M Simanjuntak menyebutkan, melalui putusan rekonpensi ini, majelis juga sudah sampai memeriksa pokok perkara. Sehingga, penegasan mengenai kepemilikan sah tanah tersebut sangat penting. 

“Dari sisi kuasa hukum dari tergugat I (Tonny Permana) cukup puas. Karena gugatan rekonpensi kami ini dikabulkan seperti yang kami harapkan,” kata Hema.

Hema menambahkan, putusan ini berbeda dengan putusan PN Tng 785. Pasalnya putusan di PN 438 Jkt Utara ini dinyatakan kuat jika Tonny Permana adalah pemilik yang sah. Sedangkan putusan 785 belum sampai ke pokok perkara, sehingga tidak pernah ada putusan pengadilan manapun yang menyatakan Ahmad Ghozali adalah pemilik tanah yang sah. "Terhadap upaya hukum perkara 785 kami akan terus melakukan upaya hukum", tutur Hema.

Karena itu, Hema berharap, pengadilan perlu menolak gugatan-gugatan serupa atas tanah tersebut.

Sementara, kuasa hukum Ahmad Ghozali Retno Purwaningsih enggan berkomentar soal putusan persidangan.  (OL-8)

BERITA TERKAIT