03 July 2022, 22:09 WIB

KPU Berkomitmen Perkuat Literasi Pemilih


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Komioner KPU Idham Holik

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan akan meningkatkan literasi elektoral bagi pemilih guna menyukseskan Pemilu 2024.

Menurut Komisioner KPU, Idham Holik, pendidikan pemilih itu merupakan hak politik pemilih yang harus dipenuhi semua pihak.

“Dalam konteks penyelenggaraan pemilu, kami KPU sangat dan berkomitmen untuk meningkatkan literasi elektoral pemilih,” tutur Idham kepada Media Indonesia, Minggu (3/7).

“Misalnya, dalam proses pemberian suara nanti pada pemungutan suara, maka pemilih bisa menggunakan hak memilihnya dengan benar,” tambahnya.

Sehingga, lanjut Idham, tidak ada lagi surat suara yang tidak sah atau invalid vote di daerah pemilihan.

Sebelumnya, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui Direktorat Jenderal Politik dan Pemerintahan Umum (Ditjen Polpum) berencana  menggelar pendidikan politik jelang Pemilu 2024. 

Sekretaris Ditjen Polpum Kemendagri Imran, mengemukakan hal itu dilakukan guna mengawal proses tahapan Pemilu 2024.

Imran mengaku pihaknya beserta penyelenggara dan pemerintah telah dan terus akan melaksanakan sosialisasi edukasi politik kepada masyarakat.

"Bahkan sebelum PKPU ditetapkan pun, kemendagri telah melakukan sosialisasi kepada seluruh Badan Kesabangpol, KPUD, dan Bawaslu Daerah," ungkapnya.

Ditjen Polpum juga, sambung Imran, mendukung melaksanakan pendidikan politik bagi masyarakat. "Kita harus support dan menyemangati penyelenggara, ada tugas besar negara yang harus dilakukan oleh penyelenggara tahun 2024 yang akan datang yaitu Pemilu dan pilkada serentak," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT