03 July 2022, 17:45 WIB

Jokowi Harus Perkuat Daya Tawar untuk Jadi King Maker 2024


Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum

Dok MI
 Dok MI
 Direktur Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) bisa menjadi king maker pada Pilpres 2024. Tujuannya agar Jokowi bisa ikut mencari calon yang pas untuk melanjutkan sejumlah proyek strategisnya.

"Jadi apa secara politik yang diperlukan Pak Jokowi sekarang, yang paling pokok adalah saya kira satu bagaimana dia menjadi king maker," kata Direktur Lembaga Survei Indonesia Djayadi Hanan, Minggu (3/7)

Menurut Djayadi, Jokowi bisa menjadi king maker untuk menjawab kekhawatiran masyarakat akan kelanjutan beberapa program nasional. Pembangunan negara diyakini bisa terus berjalan jika Jokowi memilih sosok yang sesuai dengan cara bekerjanya.

"Karena, orang khawatir kalau dilanjutkan orang yang dianggap tidak mengerti betul apa yang diinginkan Jokowi, (proyek strategis) tidak berlanjut dengan berbagai alasan," jelasnya.

Jokowi, jelasnya memiliki pengaruh yang kuat jika menjadi king maker pada Pilpres 2024. Pasalnya, Jokowi memiliki dukungan besar di kalangan masyarakat.

Pengaruh itu sudah dibuktikan dalam pencalonan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka dan Wali Kota Medan Bobby Nasution. Djayadi menilai dua orang itu memenangkan suara rakyat karena adanya sosok Jokowi.

"Untuk itu menjadi king maker, bagi Jokowi yakni meningkatkan daya tawarnya. Daya tawarnya itu ada di cara dia mempertahankan situasi ekonomi di tengah ancaman krisis," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT