01 July 2022, 22:03 WIB

Terima Kunjungan Kerja MPR RI, Surya Paloh Usul MPR Undang Capres Sampaikan Visi Misi


Vallentina Chelsy, Narendra Wisnu Karisma (SB) | Politik dan Hukum

DOK Metro Tv
 DOK Metro Tv
Pimpinan MPR RI berkunjung ke DPP Partai Nasdem di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat. 

PIMPINAN MPR RI berkunjung ke DPP Partai Nasdem di Nasdem Tower, Gondangdia, Jakarta Pusat.  Kunjungan ini menjadi ajang silaturahmi antara Partai Nasdem dan MPR RI, utamanya jelang kontestasi pemilu 2024.

Dalam pertemuan ini kedua pihak sepakat untuk bersama-sama mewujudkan pemilu 2024 yang lebih berkualitas. Partai Nasdem dan MPR RI ingin pesta demokrasi nanti bisa mengedepankan kepentingan dan persatuan bangsa dan negara di atas kepentingan kelompok.

"Kita sepakat konsolidasi seluruh elemen masyarakat yang mengarah pada membangun kesadaran bersama bahwa pemilu 2024 akan jauh lebih memberikan nilai kualitas dan mementingkan persatuan anak bangsa di atas kepentingan para calonnya masing-masing," ungkap Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh, Jumat (1/7). 

Hal ini pun direspon positif oleh Ketua MPR, Bambang Soesatyo. Ia menyebut ada diskusi terkait posisi MPR dalam parlemen bisa mengambil bagian dalam proses demokrasi politik di Indonesia.

"Pertemuan ini salah satunya bisa mencari solusi permasalahan bangsa terutama ketatanegaraan dan konstitusi dengan melibatkan MPR," tutur pria yang akrab disapa BamSoet ini.

Baca juga: MPR Berharap Kembalikan Marwah Menjadi Lembaga Tertinggi Negara

Menurut Bamsoet, Surya Paloh mengusulkan agar MPR mengundang calon presiden (capres) yang maju di Pilpres 2024 untuk menyampaikan visi dan misinya serta wawasan kebangsaan di hadapan anggota MPR.

"Kita akan memiliki calon-calon presiden. Bang Surya tadi bilang ada baiknya saya dan teman-teman di parlemen mengundang capres-capres untuk menyampaikan visi misi di depan MPR," imbuhnya.

Atas saran tersebut, ia selaku pimpinan akan mempertimbangkan gagasan tersebut untuk mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara sesuai dengan UUD 1945.

"Kita akan mengkaji kembali UUD kita agar tujuan kita berbangsa dan bernegara sesuai dengan apa yang menjadi semangat hasrat dan keinginan pendiri bangsa," katanya.

Dalam kunjungan ke DPP Partai Nasdem itu, Bamsoet didampingi Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKB, Jazilul Fawaid, Wakil Ketua MPR dari Fraksi PKS, Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua MPR dari Fraksi Partai Demokrat, Syarief Hasan, dan Wakil Ketua MPR dari Fraksi NasDem, Lestari Moerdijat. 

Pimpinan MPR tidak hanya menyambangi Partai Nasdem saja, melainkan seluruh partai politik akan didatangi. Sebelumnya, mereka terlebih dahulu mengunjungi PPP pada pagi hari tadi. (A-2)

BERITA TERKAIT