01 July 2022, 21:34 WIB

BPIP: Nilai Luhur Pancasila Harus Diwariskan ke Generasi Muda


Atalya Puspa | Politik dan Hukum

Dok. BPIP
 Dok. BPIP
Wakil Kepala BPIP Karjono memberikan sambutan dalam  Malam Penganugerahan Prestasi Pancasila Universitas Jember

NILAI-nilai luhur yang terkandung dalam butir-butir Pancasila harus diwariskan kepada generasi muda saat ini. Demikian disampaikan Wakil Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Karjono.

"Karena pemuda-pemuda ini adalah harapan bangsa. Soekarno pun telah mengakui kekuatan pemuda yang mampu menggoyang dunia dan melanjutkan estafet kepemimpinan bangsa untuk membangun negeri," kata dia dalam acara Malam Penganugerahan Prestasi Universitas Jember, Jumat (1/7).

Ia juga mengingatkan kepada pemuda, bahwa di era digitalisasi saat ini, tidak menutup kemungkinan ada yang ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi radikalisme, ekstrem dan memecah persatuan bangsa dengan berbagai cara.

Baca juga : MPR Berharap Kembalikan Marwah Menjadi Lembaga Tertinggi Negara

"Akan tetapi kami percaya dan yakin kolega kami pemegang setafet generasi Universitas Jember adalah generasi yang gotng royong, saling menghormati, saling mengasihi, saling meringankan dan saling memberi saling menjaga privasi dan saling mengharumkan," tegas dia.

Pada kesempatan tersebut, Rektor Universitas Jember Iwan Taruna mengungkapkan, bulan Pancasila yang telah dilaksanakan Universitas Jember diharapkan dapat meningkatkan kesadaran semua pihak untuk menanamkan nilai Pancasila dalam diri masing-masing.

"Pancasila mengontrol supaya kita tidak bergerak terlalu ke kanan tapi tidak juga bergerak ke kiri. Mudah-mudahan itu menjadi salah satu instrumen bagi kita untuk senantiasa menegakkan agar NKRI semakin tumbuh dan tangguh," pungkas dia. (OL-7)

BERITA TERKAIT