28 June 2022, 15:57 WIB

Ada Catatan dari PKB Soal Sipol, KPU: Sudah Diperbaiki


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Petugas menyusun kotak suara KPU untuk kebutuhan logistik pemilu.

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) RI menyatakan telah memperbaiki catatan dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) soal Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

Diketahui, hingga Selasa (28/6) ini, PKB yang juga berada di parlemen, justru belum terlihat mendaftarkan partainya dalam Sipol.

Komisioner KPU RI Idham Holik menerangkan bahwa PKB sempat menyampaikan catatan terkait dengan Sipol. Masukan dari PKB tersebut, lanjut dia, kini sudah diperbaiki.

Baca juga: Pemenang Pemilu 2024 Ditentukan Kolaborasi Parpol Populer

“PKB kasih masukan, bukan yang berkaitan dengan sistim Sipol, tapi soal penulisan fitur yang belum lengkap,” jelas Idham, Selasa (28/6).

Dia mengungkapkan bahwa PKB memberi masukan, seperti data nomor telepon kantor yang tidak tampak setelah input di Sipol. Kemudian, petunjuk yang dinilai PKB belum sesuai dengan operasional sistem.

“Semua masukan itu sudah diperbaiki," imbuh Idham.

Sebelumnya, KPU menyatakan jumlah partai politik yang mendaftar dan terintegrasi Sipol terus bertambah. Sebanyak 26 partai politik sudah terdaftar pada sistem pendaftaran dan verifikasi di Sipol.

Baca juga: 26 Parpol Telah Terdaftar di Sistem Informasi Parpol Pemilu 2022

"Ada tambahan lima parpol (sebelumnya ada 21 parpol), yang mengajukan permohonan pembukaan akun atau akses Sipol," tuturnya.

Idham menyebut Sipol penting untuk pendaftaran partai politik calon peserta Pemilu 2024. Sekitar 8 partai politik dari total 26 partai politik yang terdaftar, merupakan partai yang berada di parlemen.

Rinciannya, Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai NasDem, PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera, Partai Pembangunan Persatuan, Partai Gerindra dan Partai Amanat Nasional.(OL-11)


 

 

BERITA TERKAIT