24 June 2022, 19:54 WIB

Punya Keamanan Berlapis, KPU Jamin Keamanan Data Sipol


Kautsar Widya Prabowo | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Anggota KPU Idham Holik

KOMISI Pemilihan Umum (KPU) telah memperketat pengamanan data Sistem Informasi Partai Politik (Sipol). Tujuannya sebagai upaya mitigasi jika data yang diunggah ke Sipol hilang atau rusak. 

"Strategi kemanan data yang ada dalam Sipol ada dua lapis kalau memang aplikasinya ada masalah," ujar anggota KPU Idham Holik di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (24/6)

Dengan demikian, sambung Idham, setiap data yang diunggah ke Sipol secara otomatis memiliki cadangan. Ia memastikan data parpol di Sipol aman.

Selain itu, pihaknya telah memberikan bimbingan dan teknis (bimtek) terhadap operator Sipol untuk mencegah penyalahgunakan data yang ada. "Terkait dengan potensi moral hazard operator, sudah kita lakukan pengarahan," tegasnya. 

KPU resmi membuka akses Sipol bagi parpol peserta Pemilu 2024. Parpol dipersilahkan menggungah data kepengurusan melalui laman sipol.kpu.go.id.

"Hari ini  24 Juni sampai dengan berakhirnya masa pendaftaran (14 Agustus 2022), kami akan mulai membuka akses mengenai Sipol sebagai alat bantu dalam proses pendaftaran dan verifikasi partai politik," ujar Idham.

Idham menjelaskan data yang diunggah terkait dokumen persyaratan seperti profil parpol, keanggotaan partai, kepengurusan partai, hingga kantor tetap partai. KPU akan menutup akses bagi parpol menggungah data tersebut pada 14 Agustus 2022. (OL-8)

BERITA TERKAIT