23 June 2022, 22:57 WIB

Megawati Tegaskan Elektabilitas Bukan Modal Utama Jadi Capres PDIP


Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri

KETUA Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengungkap kriteria figur calon presiden yang layak diusung. Salah satunya tak cuma modal kemenangan elektoral.

"Pemimpin yang saya cari tidak hanya yang mengandalkan elektoral semata," kata Megawati dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan di Sekolah Partai PDI Perjuangan, Jakarta Selatan, Kamis (23/6)

Megawati mengatakan sosok pemimpin harus sesuai dambaan rakyat. Sifat itu harus diperkuat dengan kepribadian yang mampu memimpin pemerintahan.

"Sosok yang kuat secara ideologis mumpuni yang memiliki kemampuan memimpin tata kelola pemerintahan untuk sebuah negara Indonesia yang begitu besar," ujar Presiden RI ke-V itu 

Megawati menuturkan sosok pemimpin juga harus mampu melihat potensi tantangan di masa depan. Kemudian, memikirkan jalan keluar terhadap berbagai tantangan tersebut.

"Seperti yang telah dikatakan oleh Presiden kita Pak Jokowi waktu pembukaan (Rakernas), bahwa yang paling beliau sendiri merasa sampai pada sebuah tingkat prihatin. Karena apa, tantangan ke depan yang tidak ringan seperti, ketidakpastian global, ancaman resesi dunia, krisis pangan, dan masih banyak yang lainnya," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT