22 June 2022, 22:27 WIB

Simulasi Capres Litbang Kompas: Ganjar Ungguli Prabowo dan Anies


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

MI/Haryanto
 MI/Haryanto
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo 

LITBANG Kompas mengadakan jejak pendapat terkait elektabilitas calon presiden (Capres) 2024. Dalam simulasi 10 nama, elektabilitas Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mencapai 26,6 persen. Capaian itu mengalahkan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

"Pada 10 nama, Prabowo 25,2 persen dan Ganjar 26,6 persen. Pada lima nama, Prabowo 28,1 persen, dan Ganjar 30,2 persen,” kata peneliti Litbang Kompas, Bambang Setiawan dikutip keterangan persnya, Rabu (22/6)

Bambang juga memaparkan hasil survei tertutup tiga nama. Ganjar Pranowo mendapat keterpilihan 33,6 persen, sedangkan Prabowo memiliki elektabilitas 32,8 persen.

Sementara itu, untuk elektabilitas Anies pada survei tertutup 25 nama, 10 nama, 5 nama dan 3 nama capres, berada di peringkat ketiga, jauh dari Ganjar dan Prabowo.

Bambang menambahkan, dalam hasil survei itu ada juga menunjukkan hubungan pemilih dengan figur yang dipilih, lebih dominan ketimbang hubungan dengan partai politik pengusungnya.

“Jika sosok yang disukai diusung oleh partai yang tidak disukai, 68 persen pemilih akan tetap memilih sosok yang disukai,” tegasnya.

Survei ini dilaksanakan pada 26 Mei hingga 4 Juni 2022 melalui tatap muka dan melibatkan 1.200 responden.

Para responden dipilih secara acak, menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 34 provinsi. Metode ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error kurang lebih 2,8 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana. (OL-13)

Baca Juga: NasDem dan PKS Kompak Sebut Punya Banyak Kesamaan

BERITA TERKAIT