20 June 2022, 13:23 WIB

Usut Korupsi Pengolahan Anoda, KPK Periksa Petinggi Antam


Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Pekerja mengecat logo KPK di Gedung Merah Putih, Jakarta.

KOMISI Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil Senior Vice President Supply Chain Management PT Antam Tbk Ismail. Adapun pemeriksaan terkait kasus dugaan korupsi dalam pengolahan anoda logam di Antam dan PT Loco Montrado pada 2017.

"Pemeriksaan dilakukan di Kantor Komisi Pemberantasan Korupsi," jelas Plt Juru Bicara Bidang Penindakan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Senin (20/6).

Baca juga: Temukan 4 Dugaan Tindak Pidana, Kejagung Usut Rasuah Pengelolaan Emas di PT Antam

KPK berharap Ismail dapat hadir. Sebab, keterangannya dibutuhkan untuk menguatkan tudingan penyidik kepada para tersangka dalam kasus tersebut.

Diketahui, kasus itu sudah masuk ke tahap penyidikan. Salah satu pihak batal dijadikan tersangka, karena menang dalam praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.

KPK memastikan masih menyelidiki dugaan rasuah kerja sama pengolahan anoda logam antara Antam dan Loco Montrado pada 2017. Kasus itu tetap diselidiki, meski Direktur PT Loco Montrado Siman Bahar tak lagi menjadi tersangka.

Baca juga: KY Pantau Sidang Pelanggaran HAM Berat Kasus Paniai

"Tidak berarti kasus itu akan selesai di situ, karena kasus yang satu lagi sebagai PN-nya (penyelenggara negara) dari perkara ini," kata Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Karyoto pada Januari lalu.

Karyoto memastikan bahwa KPK terus mengusut keterlibatan tersangka dari unsur penyelenggara negara. Lembaga antirasuah bakal mengusahakan para tersangka untuk bertanggung jawab atas perbuatannya.(OL-11)

BERITA TERKAIT