17 June 2022, 10:46 WIB

Anies dan Ganjar Diprediksi Jadi Kandidat Terkuat Capres Usulan NasDem


Fachri Audhia Hafiez | Politik dan Hukum

ANTARA/Sigid Kurniawan
 ANTARA/Sigid Kurniawan
Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda memaparkan hasil survei nasional proyeksi kandidat kuat Pilres 2024 di Jakarta.

GUBERNUR DKI Jakarta Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo diprediksi bakal menjadi kandidat terkuat usulan calon presiden (capres) yang diumumkan Partai NasDem. Pengumuman itu akan disampaikan dalam penutupan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem.

"Saya duga besok (hari ini, 17 Juni 2022) diumumin dua orang, bisa diduga Anies sama Ganjar, tinggal nunggu nama ketiga," kata Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda di sela Rakernas NasDem di Jakarta Convention Center, Senayan, Kamis (16/6) malam.

Hanta menilai Anies merupakan figur yang mampu memberikan coattail effect atau efek ekor jas. Pengusungan Anies diyakini bakal berdampak pada elektoral NasDem di Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Baca juga: Surya Paloh Puji Antusiasme Peserta Rakernas NasDem

Dia mengatakan NasDem harus mengusung figur yang belum terobsesi kuat pada salah satu parpol. Anies merupakan figur yang tepat, ditambah elektabilitas pada sejumlah lembaga survei cukup tinggi.

"Anies, karena belum punya warna jaket itu, lebih bisa diandalkan memberi dampak coattail effect, dari sisi efek ekor jasnya," ucap Hanta.

NasDem juga dinilai bisa mendapatkan coattail effect dari pengusungan Ganjar. Dengan catatan, Ganjar tidak mendapat restu untuk dicalonkan sebagai presiden oleh PDI Perjuangan.

"Mendukung Ganjar bisa memberikan dampak kuat ke NasDem kalau dia tidak didukung oleh PDI Perjuangan. Itu dari sisi coattail effect," jelas Hanta.

Partai NasDem akan mengumumkan tiga usulan capres hasil penyerapan usulan dari seluruh dewan pimpinan wilayah (DPW) Partai NasDem. Usulan itu disampaikan dalam rapat pleno di Rakernas NasDem.

Sebanyak 34 DPW telah menyampaikan rekomendasi capres ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) NasDem. Mayoritas DPW merekomendasikan Anies Baswedan.

Berdasarkan data yang dihimpun dari rekomendasi yang disampaikan 34 DPW, Anies mendapat dukungan dari 32 DPW. Hanya DPW NasDem Papua Barat dan Kalimantan Timur yang tidak merekomendasikan eks Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu.

Sedangkan Ganjar Pranowo mendapat rekomendasi dari 29 DPW. Pimpinan wilayah NasDem yang tidak merekomendasikan Ganjar yaitu Kalimantan Timur, Banten, Kalimantan Selatan, Maluku Utara, dan DKI Jakarta. (OL-1)

BERITA TERKAIT