15 June 2022, 14:01 WIB

Ketum PAN jadi Mendag, Mantan Panglima TNI jadi Menteri ATR


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
 ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay
Presiden Joko Widodo (kedua kiri) melakukan jamuan makan dengan ketum parpol koalisi pendukung pemerintah sebelum melantik menteri baru.

PRESIDEN Joko Widodo melantik Zulkifli Hasan sebagai Menteri Perdagangan dan Hadi Tjahjanto sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR), di Istana Negara, Jakarta, Rabu (15/6).

Pelantikan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 64 P Tahun 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Periode 2019-2024.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Serta, akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya, demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," ujar Jokowi membacakan sumpah jabatan yang diikuti para menteri yang dilantik.

"Bahwa saya, dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab."

Baca juga: Tujuh Ketua Umum Parpol Koalisi Pemerintahan Sambangi Istana

Pada saat yang sama, kepala negara juga melantik Ferry Afriansyah Noor sebagai wakil menteri Ketenagakerjaan, Raja Juli Antoni sebagai wakil menteri ATR dan John Wempi Wetipo sebagai wakil menteri dalam negeri.

Seluruh menteri dan wakil menteri nantinya akan memperoleh hak keuangan dan fasilitas sesuai kerentuan peraturan perundang-undangan.

Sebagaimana diketahui, Zulkifli diangkat sebagai menteri perdagangan menggantikan posisi Muhammad Lutfi yang baru menjabat selama 18 bulan. Adapun, Hadi menggeser Sofyan Djalil yang sudah menduduki jabatan menteri ATR sejak Juli 2016.

Sementara, Raja Juli Antoni mengisi posisi yang sebelumnya ditempati sesama koleganya di Partai Solidaritas Indonesia yaitu Surya Tjandra.(OL-4)

BERITA TERKAIT