15 June 2022, 12:35 WIB

Kerja Politik Airlangga Dongkrak Elektabilitas Partai


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

KETUA DPP Partai Golkar Dave Laksono menilai elektabilitas partainya naik karena Ketua Umum Airlangga Hartarto kerap turun ke masyarakat dan konsolidasi bersama kader. Sebagai mana diberitakan, rilis survei Lembaga Survei Charta Politika Indonesia menyebutkan elektabilitas Golkar ialah 11,3% atau naik cukup tinggi dari hasil survei sebelumnya yakni 9,2%.

“Kenaikan peringkat (elektabilitas) tersebut bukan tanpa sebab. Pak Airlangga sekarang ini lebih intens untuk bertemu (dengan) masyarakat umum dan kader,” ujar Dave dalam keterangan, Rabu (15/6/2022).

Berdasarkan hasil survei itu, Partai Golkar berada di urutan ketiga. Posisi satu ada PDIP dengan 24,1% dan kedua Gerindra 13,8%.

Dave menambahkan, kerja politik Airlangga memberi dampak positif bagi Partai Golkar. Masyarakat melihat baik Airlangga dan Partai Golkar hadir untuk mendengarkan aspirasi mereka. “Masyarakat tidak hanya mendengar nama Pak Airlangga, akan tetapi melihat dan mengenal beliau secara pribadi. Dan juga kinerja beliau untuk masyarakat,” tegas Anggota Komisi I DPR RI itu.

Faktor lainnya adalah kinerja Airlangga sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia. Menurutnya, rakyat secara umum mengetahui apa saja yang dikerjakan Airlangga dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, Dave tak memungkiri bisa saja dibentuknya Koalisi Indonesia Bersatu ,(KIB) turut memberikan andil kenaikan elektabilitas Partai Golkar. KIB digagas oleh Partai Golkar, Partai Amanat Nasional dan Partai Persatuan Pembangunan. “Ada juga (pengaruh KIB), sehingga animo masyarakat semakin meningkat,” tutup Dave. (RO/A-3)

BERITA TERKAIT