14 June 2022, 18:16 WIB

Peluncuran Tahapan Pemilu Bukan Sekadar Seremoni


Andhika prasetyo | Politik dan Hukum

MI/Agus Mulyawan
 MI/Agus Mulyawan
Juri Ardiantoro 

DEPUTI IV Kepala Staf Kepresidenan Juri Ardiantoro memastikan bahwa peluncuran tahapan Pemilu 2024, yang digelar Selasa (14/6), bukan sekedar seremoni belaka.

Itu merupakan momentum bagi seluruh penyelenggara untuk membangun komitmen dan bekerja sungguh-sungguh melaksanakan pesta demokrasi yang berintegritas.

"Ini adalah momentum untuk menunjukkan kesungguh-sungguhan seluruh pihak yang telibat. Ini juga momentum untuk meningkatkan kapasitas teknis persiapan pemilu," ujar Juri melalui keterangan resmi, hari ini.

Ia mengatakan hingga saat ini, KPU dan Bawaslu bersama pemerintah masih terus menyempurnakan berbagai hal demi melancarkan gelaran Pemilu dan Pilkada 2024.

Baca juga: Kemendagri: Pelayanan Informasi Publik Jadi Tanggung Jawab Bersama

"Kita perbaiki apa-apa yang masih menjadi masalah, kendala atau kelemahan lainnya. Di saat yang sama kita harus membangun kreativitas dan inovasi agar pemilu semakin bermutu," tuturnya.

Sebagaimana diketahui, KPU akan menggelar acara peluncuran tahapan awal Pemilu 2024, pada Selasa malam. Hal itu sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 (UU Pemilu) Pasal 167 ayat 6, yang menyebut bahwa tahapan penyelenggaraan pemilu dimulai 20 bulan sebelum hari pemungutan suara.

Tahapan dimulai dengan perencanaan program dan anggaran serta penyusunan peraturan pelaksanaan penyelenggaraan Pemilu. (OL-4)

BERITA TERKAIT