14 June 2022, 13:20 WIB

Kebijakan Era Jokowi Dinilai Bawa Penguatan Kedaulatan Negara


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Biro Pers Setpres/ Agus Suparto
 Biro Pers Setpres/ Agus Suparto
Presiden Joko Widodo saat berada di KRI Imam Bonjol

KEPEMIMPINAN Presiden Joko Widodo (Jokowi) dinilai membawa banyak kemajuan bagi pertumbuhan bangsa di masa depan. Termasuk salah satunya yakni memperkuat kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Asisten Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Kota Tarakan, Suparlan mengatakan hingga memasuki periode kedua perjalanan Pemerintahan Jokowi menghadirkan beragam kemajuan. Bahkan manfaatnya terasa langsung di masyarakat.  

“Saya memandang bahwa ini ada loncatan kemajuan. Artinya loncatan bukan untuk masa kini tapi ini sesuatu yang berefek di masa depan,” kata Suparlan, Selasa (14/6)

Dia menurutkan kedaulatan yang tercipta di era Pemerintahan Jokowi semakin menguatkan semangat persatuan di masyarakat. Kehadirannya membuat harga diri bangsa terus terjaga.

Komitmen Jokowi, lanjut dia, tertera jelas dalam  Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 2 tahun 2022 tentang Hari Penegakan Kedaulatan Negara. Keppres yang dikeluarkan Jokowi ini menetapkan tanggal 1 Maret sebagai Hari Penegakan Kedaulatan Negara.

“Kekuatan pertahanan negara berfokus pada dua unsur utama yakni TNI dan Polri. Sedang masyarakat merupakan unsur pertahanan bagi keamanan bangsa,” ujar Suparlan.

Ia berharap ke depan komitmen kedaulatan negara perlu dilaksanakan secara bersama-sama khususnya bagi seluruh elemen masyarakat. Caranya, tambah dia, yakni dengan terus meningkatkan kompetensi diri sehingga mampu berkompetisi. 

“Kedaulatan ini tidak hanya dibahas saja tapi harus ada implementasi nyata, yaitu mempersiapkan individu masing-masing untuk menyiapkan diri menghadapi arus globalisasi," pungkas Suparlan. (OL-8)

BERITA TERKAIT