14 June 2022, 12:50 WIB

Survei Charta Politika: Ganjar-Erick Masuk di Posisi Teratas Pilihan Publik


mediaindonesia.coom | Politik dan Hukum

MI/Haryanto
 MI/Haryanto
Menteri BUMN Erick Thohir (kemeja putih) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam sebuah acara di Jateng.

PASANGAN calon presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo dan Erick Thohir menduduki peringkat teratas dalam hasil survei Charta Politika pada Senin (13/6).

Elektabilitas pasangan ini unggul cukup signifikan ketimbang dua pasangan lain seperti Anies Baswedan dan Puan Maharani serta Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya menyampaikan, pasangan Anies-Puan hanya mengantongi elektabilitas sebesar 25,3 persen, sedangkan pasangan Prabowo-Cak Imin hanya sebesar 23,7 persen.

"Untuk pasangan Ganjar Pranowo-Erick Thohir berada di angka 35,3 persen," ucap Yunarto dalam rilis hasil survei secara daring pada Senin (13/6/2022).

Nama Erick Thohir sendiri terus menjadi buah bibir sebagai salah satu calon potensial  untuk 2024. Dalam kategori survei cawapres, ucap Yunarto, mantan Presiden Inter Milan itu terus bercokol di tiga teratas pilihan responden. Elektabilitas Erick tercatat sebesar 9,8 persen.

Meski berada di bawah Sandiaga Uno dan Ridwan Kamil 16,5, tren elektabilitas Erick terus meningkat, bahkan mengungguli nama-nama lain seperti Agus Harimurti Yudhoyono (8,8 persen), Khofifah Indar Parawansa (6,4 persen), Puan Maharani (4,2 persen), Airlangga Hartarto (2,6 persen), dan Susi Pudjiastuti (2,1 persen).

Yuniarto menyampaikan, Ganjar dan Erick juga mengalami peningkatan elektabilitas untuk kategori 10 nama calon presiden. Yuniarto mengatakan, elektabilitas Prabowo Subianto dan Anies Baswedan cenderung stagnan, Ridwan Kamil, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani dan Airlangga Hartarto relatif stabil stabil dibandingkan survei periode April 2022, lalu, Sandiaga Uno dan Khofifah Indar Parawansa terlihat mengalami penurunan elektabilitas.

"Di sisi lain, Erick Thohir mengalami peningkatan. Tingkat kemantapan pilihan responden terhadap nama-nama calon presiden sudah mulai menguat, berada pada angka di atas 50 persen. Pada kategori calon Wakil Presiden, nama Sandiaga Uno berada pada posisi teratas, diikuti berikutnya oleh Ridwan Kamil dan Erick Thohir," kata Yuniarto.

Survei Charta Politika dilakukan melalui wawancara tatap muka secara langsung dengan menggunakan kuesioner terstruktur. Terdapat 1.200 responden yang tersebar di 34 provinsi dalam survei yang dilakukan pada Mei-2 Juni 2022. Metodologi yang digunakan adalah metode acak bertingkat dengan margin of error kurang lebih 2.83 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. (OL-13)

Baca Juga: Saat Tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Bakal Tindak Buzzer Nakal

BERITA TERKAIT