14 June 2022, 01:45 WIB

Charta Politika: Simulasi Duet Ganjar-Sandi Menang Siapapun Lawannya


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

MI/Ramdani
 MI/Ramdani
Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya

ELEKTABILITAS pasangan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menparekraf Sandiaga S. Uno, menjadi yang tertinggi dalam hasil survei nasional dari lembaga survei Charta Politika Indonesia.

Dalam survei itu, diadakan simulasi 3 nama pasangan capres-cawapres yang akan dipilih publik dalam Pilpres 2024 mendatang.

Hasilnya, dalam 3 simulasi tersebut, pasangan Ganjar dan Sandi meraih elektabilitas tertinggi dengan memperoleh 36,7 persen. Kemudian pasangan Ganjar- Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang mendapatkan dukungan 36,5 persen.

"Kita menggunakan simulasi 3 pasangan, dengan 4 simulasi. Di simulasi pertama Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil unggul dengan 36,5 persen. Hampir berimbang, sedikit lebih tinggi Ganjar Pranowo dengan Sandiaga Uno diangka 36,7 persen," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya dalam rilis virtualnya, Senin (13/6/2022).

Nama figur yang dipasangkan yakni Menhan Prabowo Subianto, Menteri BUMN Erick Thohir, Ketua DPR Puan Maharani, Panglima TNI Andika Perkasa, Menko Perkonomian Airlangga, Ketum PKB Muahimin Iskandar, Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Timur Khofifah dan Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

Menurut Yunarto, Ganjar masih menjadi faktor utama dalam pendobrak perolehan suara untuk cawapresnya. Selain itu, nama cawapres yang kuat, kata Yunarto, ialah Sandi dan Ridwan Kamil.

"Dan bisa disimpulkan bahwa Ganjar Pranowo unggul disemua simulasi pasangan, kalau kita coba kotak katik sesuai dengan pemebritaan yang kemarin ramai di media dan faktordari Ganjar masih menjadi faktor utamanya, sedangkan wakil masih jadi faktor sekunder," ungkap Yunarto.

Berikut hasil lengkap simulasi 3 pasangan

Simulasi 1.

- Ganjar - Ridwan Kamil sebanyak 36,5 persen
- Anies - Agus sebanyak 28,8 persen
- Prabowo - Muhaimin sebanyak 24,8 persen

(Yang tidak tahu atau tidak menjawab 9,9 persen).

Simulasi 2.

- Ganjar- Sandi sebanyak 36,7 persen.
- Anies - Airlangga sebanyak 28,2 persen
- Prabowo - Puan sebanyak 24,5 persen

(Yang tidak tahu atau tidak menjawab 10,6 persen).

Simulasi 3.

- Ganjar - Erick sebanyak 35,3 persen
- Anies - Puan sebanyak 25,3 persen
- Prabowo - Muhaimin sebanyak 23,7 persen

(Yang tidak tahu atau tidak menjawab 15,7 persen).

Simulasi 4.

- Ganjar - Andika Perkasa sebanyak 34 persen
- Anies - Khofifah sebanyak 27,3 persen
- Prabowo - Puan sebanyak 24,7 persen

(Yang tidak tahu atau tidak menjawab 14 persen).

Survei Charta Politika ini dilakukan pada 25 Mei-2 Juni 2022 dengan metode wawancara tatap muka. Penentuan sampel pada survei dilakukan dengan metode multistage random sampling, terhadap 1.200 responden dengan margin of error sebesar 2,83% dan quality control 20 persen dari total sampel. (OL-13)

Baca Juga: Survei Charta Politica: Kepuasan Terhadap Pemerintahan Jokowi-Maruf Naik

BERITA TERKAIT