13 June 2022, 19:24 WIB

Survei Charta Politica: Kepuasan Terhadap Pemerintahan Jokowi-Maruf Naik


Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum

Biro Pers Setpres
 Biro Pers Setpres
Presiden Joko Widodo dan Wapres Ma'ruf Amin

SURVEI Charta Politika menyebut tingkat kepuasan terhadap pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Maruf Amin (Jokowi-Maruf) sebesar 68,4 persen. Hasil ini mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan survei pada April 2022.

"Kita lihat dari survei terakhir bulan April hanya selisih 1,5 bulan sampai 2 bulan itu mengalami kenaikan dari 62,9 persen ke 68,4 persen. Jadi ada kenaikan pada angka 6,5 persen kalau kita lihat," kata Direktur Eksekutif Charta Politika Yunarto Wijaya dalam rilis survei yang dilakukan secara virtual, Senin (13/6).

Ia menambahkan, tingkat kepuasan paling tinggi ada di tiga wilayah. Yakni, Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta sebesar 75 persen; Jawa Timur 70 persen; serta Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur sebesar 78,3 persen.

"Cukup tinggi hipotesanya karena mungkin geliat pariwisata yang mungkin bangkit kembali," ujar Yunarto.

Alasan lain tingkat kepuasan tinggi di tiga wilayah itu karena basis pemilih Jokowi-Maruf pada Pemilu 2019. Menurut dia, masyarakat di wilayah tersebut cenderung lebih puas dengan kinerja pemerintah jika dibandingkan dengan daerah-daerah yang memang bukan merupakan lumbung suara dari Jokowi-Maruf

"Kalau kita lihat di sini Sumatra, Kalimantan, dan Sulawesi yang tingkat kepuasannya relatif lebih rendah dibandingkan daerah-daerah yang saya sebutkan tadi," ujar dia.

Survei dilakukan pada 25 Mei sampai 2 Juni 2022. Jumlah responden 1.200 orang dengan pemilihan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Adapun margin of error survei tersebut sebesar 2,83 persen. Sedangkan tingkat kepercayaan survei tersebut mencapai 95 persen. (OL-8)

BERITA TERKAIT