13 June 2022, 15:48 WIB

Jokowi bakal Rombak Kabinet, Golkar: Siap Bekerja dengan Siapapun


Mediaindonesia | Politik dan Hukum

 ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
  ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja
Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto

KETUA Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan partai-nya siap bekerja dengan siapa pun yang akan ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo manakala terjadi reshuffle atau perombakan kabinet.

"Dengan semua siap," kata Airlangga yang juga merupakan Menko Perekonomian itu, dijumpai di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, hari ini.

Sebagaimana kabar yang berkembang, sejumlah elite politik memperkirakan Presiden RI Joko Widodo akan melakukan perombakan kabinet Rabu (15/6) pekan ini.

Partai yang disebut-sebut berpeluang kuat masuk kabinet adalah Partai Amanat Nasional, karena partai yang dipimpin Zulkifli Hasan itu, pada Agustus 2021 silam diajak dalam pertemuan partai koalisi oleh Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka. Kala itu PAN bahkan diperkenalkan dalam pertemuan sebagai sahabat baru koalisi.

Baca juga: Rakernas NasDem jadi Forum Menampung Usulan Capres dari DPW

Ketika ditanya kesiapan Golkar bekerja dengan PAN dalam kabinet, Airlangga menyatakan kesiapan-nya.

"Di luar kabinet siap. (Di dalam kabinet) Siap bekerja dengan seluruh (anggota) kabinet," ujar Airlangga.

Mengenai ada tidaknya kekhawatiran terhadap berkurangnya kursi menteri Golkar akibat perombakan kabinet, Airlangga enggan berkomentar.

Sedangkan terkait kepastian perombakan kabinet, Airlangga menegaskan tidak ada bocoran atau perkembangan yang bisa disampaikan olehnya. Dia mempersilakan media bertanya langsung kepada Presiden berkaitan hak prerogatif Presiden itu, termasuk soal peluang PAN masuk dalam kabinet.

"Tanya kepada Presiden," kata Airlangga. (Ant/OL-4)

BERITA TERKAIT