10 June 2022, 22:33 WIB

Elektabikitas Ganjar-Erick Tertinggi, Pengamat : Punya Kesan Positif di Masyarakat


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

MI/Haryanto Mega
 MI/Haryanto Mega
Momen kebersamaan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Menteri BUMN Erick Thohir

DUET Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai calon pasangan capres dan cawapres muncul dengan elektabilitas tertinggi yakni 27,6% berdasarkan hasil survei Poltracking Indonesia.

Sementara, tingkat keterpilihan Anies Baswedan dan Puan Maharani berada di posisi terbawah dengan raihan hanya 12,2%.

Pengamat politik Universitas Brawijaya Anang Sujoko mengungkapkan hasil survei Poltracking Indonesia sudah merefleksikan elektabilitas calon pasangan dan sekaligus menjadi cerminan keinginan masyarakat terhadap figur capres dan cawapres di 2024.

"Calon pasangan yang muncul di Poltracking memiliki media exposure yang tinggi dan itu ditangkap secara positif oleh responden," ujar Anang melalui keterangan tertulis, Jumat (10/6).

Ganjar dan Erick beberapa hari lalu memang mendapat sorotan saat mendampingi Presiden Joko Widodo mengunjungi kawasan industri di Batang. Ketiganya menunjukkan keakraban yang tentu bisa dinilai sebagai sebuah sinyal khusus oleh masyarakat.

"Bahasa tubuh ketiga tokoh tersebut menunjukan keakraban dan kedekatan. Itu menggambarkan hubungan mereka yang sangat positif. Jokowi sudah pasti telah mempertimbangkan dan memikirkan dampak yang akan muncul ketika ia akrab bersama Ganjar dan Erick di Batang," jelasnya.

Baca juga : Track Record Apik Dongkrak Elektabilitas Erick Thohir

Sebelum bertemu dengan Jokowi dan Ganjar, Erick Thohir juga sempat menyambangi Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh.

Dalam kesempatan itu, Erick menerima banyak sanjungan dari tokoh sentral NasDem tersebut.

"Pujian itu bisa diterjemahkan bahwa Erick sudah masuk radar NasDem sebagai salah satu tokoh politik yang bisa diusung," sambungnya.

Ke depan, lanjut dia, Erick hanya perlu terus menunjukkan kinerja maksimal sebagai pembantu presiden di sektor pengelolaan BUMN.

"Dengan begitu elektabilitasnya pasti akam terjaga," tandas Anang. (OL-7)

BERITA TERKAIT