06 June 2022, 11:48 WIB

Jokowi dan PM Australia Bersepeda Bambu di Kebun Raya Bogor


Andhika Prasetyo | Politik dan Hukum

Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
 Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden
Presiden Joko Widodo dan PM Australia Anthony Albanese bersepeda di Kebun Raya Bogor, Senin (6/6/2022).

MENGAJAK tamu kenegaraannya mengayuh sepeda sejauh kurang lebih satu kilometer, itulah salah satu agenda yang sangat tidak biasa yang dilakukan Presiden Joko Widodo kala menjamu Perdana Menteri Australia Anthony Albanese, pada Senin (6/6).

Dengan sepeda berbahan dasar bambu dan helm yang telah disiapkan, pemimpin Negeri Kanguru diajak menikmati pemandangan hijau di Istana Kepresidenan dan Kebun Raya Bogor. Sembari berbincang, keduanya menyusuri trek besikal yang selalu digunakan Jokowi setiap berolahraga di akhir pekan.

Baca juga: Silaturahmi Erick Thohir ke Sejumlah Tokoh Dinilai Positif

Sedianya, perjalanan itu bukan tanpa tujuan. Di akhir destinasi, tepatnya di Resto Rasa, sebuah tempat makan yang terletak di tengah Kebun Raya Bogor, Jokowi dan Anthony akan melangsungkan pertemuan tete-A-tete guna membahas kerja sama kedua negara.

Hal tersebut juga terbilang istimewa mengingat, biasanya, agenda tete-A-tete antara Jokowi dan pemimpin-pemimpin negara lain hanya dilakukan di Veranda Belakang Istana Kepresidenan Bogor.

Selepas pertemuan tatap muka selesai, Jokowi dan Anthony kembali menuju Istana Kepresidenan Bogor untuk melakukan pertemuan bilateral dengan delegasi negara masing-masing.

"Salah satu hal yang menjadi pembahasan utama adalah terkait Implementasi (Indonesia–Australia Comprehensive Economic Partnership Agreement) IA-CEPA yang dianggap masih perlu ditingkatkan sejak diresmikan pada 2020 lalu," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Setelah agenda bilateral selesai, Jokowi dan Anthony dijadwalkan melakukan konferensi pers bersama untuk menyampaikan hasil pertemuan yang baru saja dilakukan.  (OL-6)

BERITA TERKAIT