04 June 2022, 23:41 WIB

Luhut Minta Semua Destinasi Super Prioritas Masifkan Kendaraan Listrik


Insi Nantika Jelita | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Luhut Binsar Pandjaitan

MENKO Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mendorong semua Destinasi Pariwisata Super Prioritas untuk beralih dari kendaraan bahan bakar minyak menjadi kendaraan berbasis listrik saat berwisata

Ini disampaikan saat meresmikan stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) milik PLN di kawasan Candi Borobudur, Jawa Tengah dan Candi Prambanan, Yogyakarta, Sabtu (4/6).

"Targetnya di akhir tahun ini semua DPSP bisa mulai menata. Tahun depan operasional kendaraan bersih dari mobil fosil. Semua saya minta untuk pakai mobil, bus ataupun motor listrik," tegasnya dalam siaran pers.

Pemerintah, ungkapnya bertekad mengembangkan kendaraan listrik atau EV dengan menyediakan SPKLU fast charging yang berada di Destinasi Pariwisata Super Prioritas. Ini merupakan SPKLU green tourism pertama di Pulau Jawa.

"Ini menjadi bukti bahwa Indonesia serius dalam mengembangkan kendaraan listrik dan menciptakan energi bersih," kata Luhut.

Menko Marves meminta masyarakat memanfaatkan fasilitas stasiun pengisian baterai kendaraan listrik di Kawasan Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Direktur Bisnis PLN Regional Jawa Madura dan Bali Haryanto WS menjelaskan, kehadiran SPKLU fast charging dengan kapasitas 50 kilowatt (kW) diharapkan mendukung operasional mobil listrik di dua kawasan wisata itu.

Ia juga mengapresiasi langkah PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko yang mulai mengoperasikan kendaraan listrik sebagai moda transportasi yang menghubungkan titik-titik utama pariwisata, seperti bandara, hotel, dan atraksi wisata.

"Pengoperasian SPKLU ini merupakan bentuk keseriusan PLN dalam menekan emisi karbon dengan mempercepat transisi energi bersih di sektor pariwisata," ucapnya.

Saat ini, lanjut Haryanto, PLN sudah membangun SPKLU di lima lokasi wisata, seperti Kawasan Candi Borobudur, Kawasan Candi Prambanan, Labuan Bajo, Lombok dan Bali.

"Pada Oktober ini kami akan selesaikan pemasangan SPKLU di DPSP Danau Toba, Likupang dan Kawasan Pariwisata Mandalika," tambahnya.

Hingga kini, PLN tercatat sudah membangun 129 unit SPKLU yang tersebar di 98 titik di seluruh Indonesia. Targetnya, hingga akhir 2022 akan ada tambahan 40 unit SPKLU yang tersebar di 28 titik. (OL-8)

BERITA TERKAIT