01 June 2022, 10:50 WIB

DPW NasDem DIY : Capres 2024 Sudah Ada, Kriterianya Sesuai Sila 3 Pancasila


Agus Utantoro | Politik dan Hukum

MI/Agus Utantoro
 MI/Agus Utantoro
Ketua DPW NasDem DIY yang juga anggota DPR/MPR H. Subardi 

ANGGOTA DPR/MPR H. Subardi mengatakan, pasangan calon presiden - calon wakil presiden yang akan maju dalam kontestasi Pilpres 2024 mendatang, diharapkan adalah mereka yang mampu menyatukan berbagai kekuatan elemen bangsa. Diakui, sampat saat ini masih banyak kelompok dalam masyarakat yang saling bertentangan karena perbedaan sikap politik.

Kepada Media Indonesia di Yogyakarta, Subardi menjelaskan, kriteria tersebut sangat dibutuhkan agar tidak terjadi disintegrasi sosial pasca-Pemilu. Ketua DPW NasDem DIY itu tidak ingin setiap kontestasi politik melahirkan gesekan sosial. Efek polarisasi dari Pemilu serentak 2019 dan sebelumnya Pilkada serentak 2017 sangat merugikan bangsa.

"Pasangan Capres-Cawapres idealnya adalah sosok yang mampu menyatukan kelompok-kelompok yang selama ini berbeda sikap politik. Ini semangat saya sebagaimana sila ketiga Pancasila," kata Subardi.

Kriteria ini juga sudah disampaikan di depan peserta Sosialisasi 4 Pilar Bangsa, di kawasan Seturan, Sleman, DIY, Senin, (30/5/2022). Idealnya, jelas Subardi, calon presien merupakan representasi dari kedua arus besar. Tokoh dari dua kelompok yang selama ini berbeda sikap politik perlu bersatu untuk mewakili aspirasi mereka.

"Kita semua prihatin efek polarisasi dari Pemilu lalu masih terasa. Apakah 2024 mau seperti ini
lagi? Tentu tidak. Caranya bagaimana? Kita dorong agar terbentuk pasangan Capres-Cawapres yang mewakili dua arus besar yang mampu menyatukan bangsa," jelas wakil rakyat dari Yogyakarta itu.

Pada kesempatan itu Subardi mengajak masyarakat untuk konsisten melaksanakan nilai-nilai 4 Pilar bangsa, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.  Subardi juga menjelaskan hakikat dari Pemilu yakni untuk menyatukan bangsa melalui pemimpin yang mengayomi seluruh lapisan masyarakat.

Apabila gagasan ini berhasil, pemerintahan ke depan akan menjadi kuat dan pembangunan berjalan cepat. Ia pun berharap, gagasan ini didukung oleh para tokoh dan negarawan demi masa depan bangsa. "Saya berharap gagasan ini didukung para tokoh dan negarawan. Kita harus solid. Ini semata untuk masa depan bangsa dan negara. Bukan untuk kepentingan sesaat," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Presiden Jokowi Ajak Seluruh Komponen Bangsa Bumikan Pancasila

BERITA TERKAIT