31 May 2022, 21:40 WIB

Melalui Pendidikan, Calon Kurator Diharap Miliki Kapabilitas Mumpuni


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Ist
 Ist
AKPI kembali kembali membuka kegiatan Pendidikan Kurator dan Pengurus AKPI Angkatan XXIX di Hotel Bidakara, Jakarta.

ASOSIASI Kurator dan Pengurus Indonesia (AKPI) sebagai salah satu organisasi bagi para kurator dan pengurus di Indonesia kembali membuka kegiatan Pendidikan Kurator dan Pengurus AKPI Angkatan XXIX di Hotel Bidakara, Jakarta.

Kegiatan pendidikan kurator akan diikuti pelaksanaannya untuk memfasilitasi para peserta di Surabaya pada satu minggu mendatang.

Pendidikan berlangsung secara kondusif dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19 yang ketat.

Diawali dengan pemberlakuan ketentuan wajib dua dosis vaksinasi covid-19, seluruh peserta maupun panitia yang bertugas diwajibkan untuk menggunakan masker dan membawa hand sanitizer pribadi, serta melakukan pengecekan suhu tubuh sebelum memasuki ruangan.

Selain itu, pihak penyelenggara juga telah menata jarak kursi sejauh 1-2 meter dan terus mengingatkan peserta untuk menjaga jarak aman sebagai perwujudan atas anjuran social distancing.

Ketua Pelaksana Pendidikan Kurator dan Pengurus AKPI Angkatan XXIX yang juga menjabat selaku Ketua Bidang Pendidikan AKPI, Januardo S.P. Sihombing, SH, MH, MA., BKP., menyatakan bahwa pelaksanaan pendidikan yang dimungkinkan secara tatap muka ini merupakan suatu momentum tepat bagi para peserta.

Baca juga: Kurator Jelaskan Perkara Kepailitan PT JSR dan AOS

"Para peserta diharapkan untuk menjadi calon kurator dan pengurus yang memiliki kapabilitas mumpuni, keuletan dan ketelitian dalam menunaikan tugas, serta semangat untuk melayani sesama," kata Januarto dalam keterangan pers, Selasa (31/5).

Januardo juga mengimbau agar seluruh peserta nantinya dapat memahami materi-materi yang disampaikan dan tidak ragu untuk berkonsultasi dengan mentor yang telah ditunjuk.

"Sebagai bagian dari tradisi AKPI yang senantiasa bahu-membahu untuk menjamin kualitas anggotanya," jelasnya.

Sementara itu Dr. Ricardo Simanjuntak, SH, LL.M, ANZIIF, MCIArb, selaku Ketua Dewan Sertifikasi AKPI dan Bapak Jamaslin James Purba, S.H., M.H., selaku Ketua Dewan Penasehat AKPI, yang menyampaikan harapannya agar seluruh calon anggota AKPI angkatan XXIX dapat sukses menyelesaikan pendidikan dan ujian sesuai dengan standar AKPI.

"Komitmen para peserta untuk mencapai standar AKPI itulah, yang nantinya akan memupuk tanggung jawab calon kurator dan pengurus dalam menangani permasalahan hukum seputar kepailitan dan PKPU di dunia praktik," katanya..

Selanjutnya, Ketua Umum AKPI Dr. Jimmy Simanjuntak, S.H., M.H., mengucapkan selamat dan sukses bagi seluruh peserta terpilih yang telah mengikuti ujian permulaan berbasis online yang kuotanya terbatas, namun selalu dipenuhi antusiasme.

Jimmy turut menyampaikan kepada para peserta mengenai pentingnya bagi para peserta untuk menikmati setiap proses pendidikan dengan tekun, sampai dengan berakhirnya masa pendidikan, yakni pada 11 Juni 2022 di Jakarta, dan 18 Juni 2022 di Surabaya.

Sebelum memulai sesi pemaparan materi oleh pengajar, kegiatan pendidikan AKPI angkatan XXIX turut diiringi dengan sambutan dari Santun Maspari Siregar, SH, MH, selaku Direktur Perdata pada Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Ditjen AHU) Kementerian Hukum dan HAM.

Santun menyampaikan secara langsung sambutan tertulis dari Cahyo Rahadian Muzhar, SH. LL.M., selaku Direktur Jenderal Administrasi Hukum Umum (Dirjen AHU) Kemenkum HAM yang menekankan pandangannya atas hakikat tugas kurator dan pengurus yang selalu bersinggungan dengan profesionalisme, integritas dan nama baik. (RO/OL-09)

 

BERITA TERKAIT