25 May 2022, 17:39 WIB

Pilpres 2024, Pengamat: Erick Thohir Berpeluang Diusung PDIP


Widhoroso | Politik dan Hukum

ANTARA
 ANTARA
Menteri BUMN Erick Thohir 

KEDEKATAN dengan Presiden Joko Widodo menjadi peluang Menteri BUMN Erick Thohir diusung maju sebagai calon presiden oleh PDIP. Pasalnya, Jokowi dinilai memiliki power untuk ikut memberikan rekomendasi nama kandidat untuk bertarung di Pilpres 2024 mendatang.

Pengamat politik Surokim Abdussalam mengimbau agar Erick Thohir bisa memosisikan diri untuk menjadi kandidat terkuat yang direkomendasikan Jokowi. Cara itu ditempuh untuk bisa mendapatkan tiket pilpres dari partai berlogo banteng dengan moncong putih tersebut.

"Erick Thohir harus benar-benar bisa meyakinkan untuk menjadi salah satu jagoan Pak Jokowi jika ingin merapat ke PDIP,” ujar Surokim yang juga merupakan peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC).

Surokim melihat peluang Erick Thohir diusung PDIP sangat tergantung dengan Jokowi. Surokim mengatakan jika Erick Thohir serius ingin mendapatkan hati Megawati selaku pimpinan PDIP, maka dirinya harus bisa memaksimalkan kedekatannya dengan Jokowi.

"Peluang Erick Thohir untuk bisa merapat ke PDIP menurut saya amat tergantung pada Pak Jokowi. Pak Erick Thohir harus benar-benar menjadi bagian dari jagoan Pak Jokowi agar bisa disoundingkan ke PDIP," terang Surokim.

Ia mengakui jika Erick Thohir sangat dekat dengan Jokowi. Hal itu terlihat dari kepercayaan jabatan-jabatan strategis yang kerap diamanahkan kepada eks Presiden Inter Milan itu. "Dari jalur kabinet menurut saya bisa jadi salah satunya jika melihat beban tugas dan kepercayaan pada penugasan selama ini," pungkas Surokim. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT