23 May 2022, 09:54 WIB

Novel Baswedan Tawarkan Bantuan Mencari Harun Masiku ke KPK


Candra Yuri Nuralam | Politik dan Hukum

ANTARA/Dhemas Reviyanto
 ANTARA/Dhemas Reviyanto
Mantan penyidik KPK Novel Baswedan (tengah)

MANTAN Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menawarkan bantuan untuk mencari buronan Harun Masiku ke mantan kantornya itu. Novel menyebut dia dan beberapa rekannya bisa mencari Harun.

"Bila tidak mampu, bisa minta bantu kami untuk tangkap HM (Harun Masiku). Saya yakin tidak perlu waktu yang terlalu lama," kata Novel melalui keterangan tertulis, Senin (23/5).

Novel menilai KPK belum memaksimalkan upaya pencarian Harun. Beberapa keterangan KPK soal pencarian Harun juga dinilai kurang jelas. Salah satunya yakni pernyataan Ketua KPK Firli Bahuri yang bilang Harun tidak akan bisa tidur nyenyak.

Baca juga: Mengintip Kekayaan Ketua KPK Firli Bahuri, Totalnya Rp20,7 M

"Intinya, bahwa benar tidur nyenyak atau tidak itu bukan urusan Firli. Harusnya Firli yang tidak boleh tidur nyenyak karena belum tangkap buronan HM sampai sekarang," kecam Novel.

Atas dasar itulah Novel menawarkan bantuan ke KPK untuk mencari Harun. Dia yakin Harun bakal tertangkap dengan cepat jika KPK mau bekerja sama.

Pelaksana tugas (Plt) juru bicara KPK Ali Fikri menegaskan pencarian Harun Masiku bukan omong kosong. Perburuan tetap dilakukan sampai KPK meminta bantuan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) untuk mencegah Harun ke luar negeri.

KPK juga sudah melakukan kerja sama dengan kepolisian untuk membantu mencari Harun. Lalu, KPK juga sudah minta bantuan interpol untuk menerbitkan red notice terhadap Harun.

"KPK juga telah berkoordinasi dengan banyak lembaga internasional. Untuk bisa membantu melakukan perburuan DPO (daftar pencarian orang) HM (Harun Masiku) ini," ucap Ali. (OL-1)

BERITA TERKAIT