16 May 2022, 19:47 WIB

Golkar Jatim Siap Kerja Sama dengan PAN dan PPP di Pemilu 2024


RO/Micom | Politik dan Hukum

.
 .
.

KETUA DPD Golkar Jawa Timur M Sarmuji menegaskan bahwa Golkar Jatim siap melanjutkan koalisi Indonesia bersatu di Jawa Timur baik untuk kepentingan secara nasional maupun untuk kepentingan pembangunan Jawa Timur.

"Koalisi ini hadir dengan semangat mendahulukan persatuan dibandingkan dengan persaingan. Jikapun mengharuskan persaingan untuk memilih yang terbaik harus segera bersatu kembali manakala kontestasi usai," kata Sarmuji, Senin (16/5).

Sarmuji memastikan mereka akan segera bertemu baik dengan PAN maupun dengan PPP Jatim. Terkait dengan calon presiden-calon wakil presiden, ia memastikan jika Golkar tetap menyosialisasikan sang ketua umum Airlangga Hartarto sebagai capres.

"Kita tetap bekerja keras agar Pak Airlangga jadi presiden," katanya.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Ketua Umum PPP Suharso Monoarfa bertemu di Rumah Heritage, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, pada Kamis malam, 12 Mei 2022.

“Pertemuan ini jadi adalah silaturahmi Idul Fitri, dimana kami belum bertemu para ketua umum PPP, PAN,” kata Airlangga.

Airlangga lantas mengisyaratkan pertemuan tersebut merupakan kerja sama antara Golkar bersama PAN dan PPP.

“Nah pertemuan ini agar mendorong bahwa 3 partai ini akan bekerja bersama atau akan Bersatu. Bersatu itu sendiri adalah beringin, matahari, dan baitullah (Ka’bah). Jadi pertemuan ini tentu diharapkan dengan matahari ini PAN bisa berjalan, dan pohon beringin semakin tunbuh. Dan juga pertemuan kerja sama ini adalah yang diridhoi oleh Allah SWT,” ujarnya.

Menko Perekonomian itu juga mengungkapkan, ke depannya ketiga partai bisa membangun budaya politik baru, yang mana budaya politik baru itu dijalankan dengan kerja sama yang berjenjang dan bertahap.

“Pertemuan ini dari hasil kajian yang mendalam dan tentunya ini akan baik untuk menopang dan mendukung program yang dilakukan oleh pemerintahan hari ini dan saya dan Pak Suharso ada di pemerintah, sehingga ini akan memperkuat pemerintah Presiden Jokowi,” ujarnya. (J-1)

BERITA TERKAIT