12 May 2022, 20:25 WIB

Hadiri Peringatan Reformasi, Erick Serahkan Rumah untuk Keluarga Korban 98


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Erick Thohir

MENTERI BUMN Erick Thohir menghadiri kegiatan 'Halalbihalal dan Peringatan 12 Mei Tragedi Trisakti, Aktivis 98 Keluarga Pejuang Reformasi', di Jakarta Kamis (12/5).

Erick mengtakan, tantangan bangsa Indonesia perlu dijawab oleh para aktivis 98. Seperti nilai-nilai reformasi berupa transparansi dan profesionalitas harus diwujudkan.

"Reformasi kalau di perusahaan sama dengan transformasi, demokrasi bicara transparan dan profesionalitas. Didasari itu kita juga sadari tantangan ke depan tentu bukan kita lupakan sejarah, tapi bagaimana kita bangun manusia Indonesia seutuhnya karena kemanusiaan jadi basis pengembangan negara," ujar Erick.

Ia menambahkan, kehadirannya dalam acara tersebut memperlihatkan kehadiran pemerintah di tengah isu kemanusiaan. Menurutnya, BUMN bukan bagian yang harus menghindari isu kemanusiaan. Erick mengingatkan kembali bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak lupa akan sejarah bangsanya. 

"Tentu konteksnya pemerintah selalu hadir, apalagi bicara kemanusiaan. Contoh misalnya ketika ada gempa bumi, banjir, karena itu kemanusiaan, BUMN sebagai satgas hadir," tandasnya. 

Dalam kesempatan itu, ia memberikan rumah kepada sejumlah keluarga korban Tragedi 12 Mei 98. Keluarga korban Tragedi Trisakti yaitu Herry Hartanto, Elang Mulia Lesmana, Hendriawan Sie dan Hafidin Royan mendapat bantuan rumah dari pemerintah.

Bantuan itu diberikan melalui Kementerian BUMN dengan menunjuk PT Bank Tabungan Negara. Menurutnya, langkah memberikan bantuan rumah kepada keluarga korban tragedi 98 tidak berbeda dengan upaya memberikan bantuan beasiswa kepada sejumlah individu.

"Jadi, tidak ada bedanya, bagaimana kita membantu individu-individu apakah seperti beasiswa ataupun hari ini mengapresiasi pahlawan reformasi dengan perumahan itu. Tetap payungnya kemanusiaan, jangan dilihat payung secara politis," pungkasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT