12 May 2022, 10:18 WIB

Luwes Berkomunikasi Politik, Puan Dinilai Punya Karakter Pemimpin Bangsa


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Ist/DPR
 Ist/DPR
Ketua DPR RI Puan Maharani.

JAKARTA– Ketua DPR Puan Maharani dinilai miliki keluwesan dalam berkomunikasi Politik. Ini dianggap sebagai karakter pemimpin bangsa yang dimilikinya.

Hal ini dikatakan pengamat politik dari Indonesia Maju Institute, Andi Purnomo. Dia menyebut Indonesia adalah negara besar yang heterogen. Kemampuan komunikasi yang luwes untuk memastikan agar negara stabil.

"Jadi setiap pemimpin bangsa mesti memiliki karakter ini. Puan saya lihat bisa dikatakan pemimpin bangsa yang luwes dalam berkomunikasi," jelasnya melalui keterangan tertulis, Kamis (12/5).

Baca juga: Komunitas Pembatik Dukung Ganjar Maju di Pilpres 2024

Menurut Andi, hal ini nampak saat Puan lakukan safari politik selama lebaran. Momen tersebut tunjukkan dia dapat berkomunikasi dengan beragam kepentingan politik berbeda warna. Puan matang dan tunjukkan komunikasi politik yang baik.

Selain luwes, kata Andi, pemimpin bangsa mesti dapat menampilkan sikap yang merangkul dan mengayomi.

Dengan sikap ini, beragam entitas publik di Indonesia akan merasa didengarkan suara dan kepentingannya. Ini lagi - lagi akan berpengaruh positif supaya negara kita tetap stabil dan meredam konflik horizontal.

"Saya lihat Puan juga miliki sikap ini. Dia dapat membuat parlemen stabil meski disisi lain dirinya juga tak segan menjadi mitra kritis pemerintah," jelasnya.

Sebagai informasi, pekan lalu selama lebaran, Puan Maharani diketahui melalukan pertemuan politik dengan Ketua Umum Gerindra, Prabowo Subianto.

Di sisi lain, Puan juga menemani ibunya yang juga Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri, untuk bertemu Presiden Joko Widodo. 

Pertemuan elit ini disinyalir sebagai bagian konsolidasi untuk menghadapi momen pilpres. Puan sendiri merupakan salah satu kandidat yang digadang - gadang akan maju menjadi capres di 2024. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT