11 May 2022, 13:41 WIB

Efektivitas Penyerapan Dana Desa Era Jokowi Dorong Kesejahteraan Daerah


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Dok MI
 Dok MI
Ilustrasi

KOMITMEN Joko Widodo (Jokowi) dalam membangun daerah terus dioptimalkan dengan penyerapan dana desa yang tepat sasaran. Efektivitas penggunaan dana desa akan berimbas pada meningkatnya pembangunan infrastruktur di daerah. 

Kepala Bappeda Kota Padang Yenni Yuliza mengatakan kehadiran program dana desa di era Jokowi sangat berpotensi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.  

Apalagi Jokowi begitu mendorong agar penggunaan dana desa dapat direalisasikan ke dalam program padat karya tunai di desa. 

Dia menilai, penyaluran dana desa yang begitu transparan langsung kepada aparatur pemerintaha desa. Ditambah dengan pemanfaatan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan desa menjadi satu alasan penguat terciptanya kesejahteraan di masyarakat. 

Yenni menyampaikan manfaat yang paling terasa dari program tersebut yakni dengan terwujudnya pemerataan pembangunan. Menurut dia hal demikian perlu dilakuk demi juga menjaga gairah perekonomial nasional yang lesu akibat pandemi Covid-19.

“Sangat efektif, karena beberapa daerah di Indonesia sudah kita lihat kita buktikan bahwa akses jalan terpenuhi, pembangunan di desa, pemerataan ekonomi, peningkatan ekonomi masyarakat sudah dapat dibuktikan dan terlihat,” ujar Yenni, Selasa (11/5).

Lebih lanjut Yenni menyebut, program Dldana desa di masa kepemimpinan Jokowi memperkuat keutuhan setiap daerah. Maka dari itu, Yenni mengungkapkan jika program apik ini harus dikawal agar berjalan sesuai ketentuan yang berlaku.

Sebab, Yenni. menilai, melalui pengawalan dan pengawasan ketatu daril dari seluruh pihak. Dampaknya, tambah dia, pelaksanaan program itu bisa berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti.

“Sehingga kasus-kasus dana nagari yang tidak sesuai tidak akan terjadi lagi. Pemerataan pelaksanaan pembangunan yang sudah digeliatkan dana yang besar oleh Jokowi dapat terlaksana sesuai dengan nilai manfaat yang dibutuhkan,” jelas Yenni.

Sejak masa awal kepemimpinannya hingga 2022, Jokowi telah mendistribusikan dana desa sebesar Rp468,6 Triliun. Bila dirincikan berupa jalan desa sudah terbangun sepanjang 227 ribu kilometer. Pembangunan lain, yakni 4.500 embung kecil, 71 ribu irigasi, dan 1,3 juta meter jembatan. (OL-8)

BERITA TERKAIT