11 May 2022, 09:52 WIB

Dinilai Sosok Aspiratif, Puan Jadi Teladan Perempuan Masa Kini


mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

Ist/DPR
 Ist/DPR
Ketua DPr RI Puan Maharani. 

KETUA DPR, Puan Maharani, dinilai sebagai sosok aspiratif bagi perempuan masa kini. Ini dilihat dari sepak terjangnya dalam memperjuangkan beragam isu keperempuanan.

Hal ini dikatakan Direktur Eksekutif Institute of Emporwerment for Indonesian Women (INDW), Indah Sri Ayu. Indah menyatakan keberpihakan Puan pada beragam isu kewanitaan terlihat jelas. 

"Puan perjuangkan akses air bersih di salah satu daerah di Wonogiri. Juga di UU TPKS dirinya mengawal hingga disahkan. Puan saya pikir dapat jadi contoh teladan bagi perempuan masa kini,"  jelasnya melalui keterangan tertulis, Rabu (11/5).

Menurut Indah, Puan memiliki kematangan sebagai pemimpin perempuan. "Rasa empati dan kepeduliannya tampak dalam melihat masalah di masyarakat. Ini kemudian mendorongnya untuk bertindak dan memperjuangkan kepentingan perempuan," ucapnya.

Baca juga: Pengamat Nilai Puan Maharani Sebagai Politikus Mumpuni

Di sisi lain, Puan dapat menjadi contoh perempuan masa kini karena kapasitas kepemimpinannya. Rekam jejak dan pengalamannya di dunia politik tak perlu diragukan.

Dia pernah menjabat sebagai anggota DPR dan juga pernah menjadi Menteri PMK. Ini menempanya menjadi pemimpin yang sarat pengalaman.

"Rekam jejak dan keberpihakan Puan pada perempuan sangat jelas. Faktor ini semua saya pandang buat dia pantas jadi contoh perempuan masa kini. Perempuan tak boleh dipandang lagi sebelah mata," jelas Indah.

Sebagai informasi, Puan diketahui vokal dalam beragam isu perempuan kontemporer. Misal dalam isu akses air bersih di Desa Gendayakan, Wonogiri, Jawa Tengah. Puan mengaku heran bagaimana di daerah tersebut, warga tak mendapatkan akses air bersih.

Selain itu, terkait UU Tindak Pidana Kekesrasan Seksual (TPKS), Puan diapresiasi banyak pihak karena DPR di bawah kepemimpinannya berhasil mengesahkan aturan yang dirasa memberikan perlindungan bagi kaum wanita. (RO/OL-09)

BERITA TERKAIT