10 May 2022, 13:38 WIB

Dana Desa Era Jokowi Signifikan Hasilkan Kesejahteraan


Mediaindonesia.com | Politik dan Hukum

BPMI Setpres
 BPMI Setpres
Presiden Joko Widodo

PRESIDEN Joko Widodo (Jokowi) selama dua periode kepemimpinannya dinilai memberikan perhatian besar terhadap pembangunan masyarakat desa. Terbukti dana desa yang ditampung dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) terus dikucurkan dalam jumlah besar.

Direktur Nagari Developing Center (NDC) Universitas Andalas, Erigas Eka Putra menyebut komitmen Jokowi tersebut dirasakan sangat signifikan dampak positifnya. Sehingga konsep membangun negeri dari desa telah terbukti mampu membawa kesejahteraan lebih baik bagi masyarakat desa.

Erigas yang sudah puluhan tahun menaruh konsentrasi pada persoalan desa menilai Jokowi memiliki keseriusan yang kuat membangun desa yang berkemajuan, baik dari segi infrastruktur sampai sumber daya manusia.

“Desa itu adalah episentrum pembangunan. Artinya, pusat pembangunan Indonesia itu ada di desa. Jadi dengan adanya kebijakan Presiden Jokowi, dengan adanya dana desa, itu menunjukkan kekuatan (komitmen) dalam pembangunan desa,” kata Erigas, Selasa (10/5).

Menurut Erigas, desa merupakan episentrum pembangunan sebuah negara. Saat ini, Jokowi telah menjadikan desa naik kelas menjadi tujuan pembangunan utama.

“Kebangkitan itu ada di desa. Saya sering mengatakan seperti gempa, episentrum itu adalah pusat pergerakannya. Sama dengan ini, pusat pergerakan negara ini ada di desa,” ungkapnya.

Namun di sisi lain Erigas juga mengingatkan aparatur desa agar bijak dalam memanfaatkan dana desa yang digelontorkan Jokowi sehingga memiliki dampak positif yang bisa dirasakan semua pihak, khususnya penduduk desa.

Ia pun meminta aparatur desa agar memiliki inovasi dalam membuat produk unggulan yang lahir berkat kemajuan infrastruktur desa sehingga apa yang dicita-citakan oleh pemerintah pusat selaras dengan hasilnya.

“Tinggal sekarang bagaimana kesiapan desa dengan dukungan dana sebesar itu bisa menghasilkan suatu produk yang memiliki nilai unggul. Kan Presiden Jokowi sudah memberikan bantuan, didukung sarana dan prasarana, sekarang siap enggak desa untuk memanfaatkan itu,” tukasnya.

Tercatat sejak 2015 hingga sekarang total dana desa yang telah dikucurkan Pemerintahan Jokowi mencapai Rp468,6 triliun. Jumlahnya terus naik setiap tahun. (OL-8)

BERITA TERKAIT