05 May 2022, 11:51 WIB

Anies Dinilai Sebagai Kandidat Terkuat Capres NasDem


Anggi Tondi Martaon | Politik dan Hukum

ANTARA/Rivan Awal Lingga
 ANTARA/Rivan Awal Lingga
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan

SEJUMLAH nama bakal diajukan sebagai calon presiden (capres) dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) NasDem, yang diselenggarakan pada 15-17 Juni 2022. Nama Gubernur Jakarta Anies Baswedan dinilai kuat bakal menjadi pilihan partai besutan Surya Paloh tersebut.

"Sejauh ini, dapat saya sampaikan, nama yang bergaung sangat luas di NasDem adalah Anies Baswedan," kata Ketua DPP NasDem Taufiqulhadi, Kamis (5/5).

Ketua DPW NasDem Aceh itu menyebut pemilihan capres merupakan kewenangan Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Keluarga besar NasDem mempercayai Surya Paloh bakal memilih sosok yang tepat.

"Semua kami serahkan kepada Ketum NasDem Bapak Surya Paloh nanti," ujar dia.

Baca juga: DPW NasDem Aceh Rekomendasikan Anies Capres 2024

NasDem membuat mekanisme tersendiri dalam menentukan sosok capres yang akan ditawarkan kepada masyarakat Indonesia pada Pemilu 2024 nanti. Yakni, menyerap aspirasi keluarga besar partai di seluruh Indonesia.

Penyerapan aspirasi dilakukan oleh setiap dewan pimpinan daerah (DPD). Kemudian, DPD bakal menyampaikan hasilnya kepada DPW.

Selanjutnya, DPW bakal membawa aspirasi tersebut ke Rakernas yang rencananya diselenggarakan di Jakarta Convention Center (JCC) nanti. Nanti, DPP bakal memilih tiga nama untuk diserahkan kepada Surya Paloh. (OL-1)

BERITA TERKAIT