04 May 2022, 19:08 WIB

Raih Dukungan Ansor, Erick Thohir Dinilai Berhasil Memikat Nahdliyin


Widhoroso | Politik dan Hukum

Ist
 Ist
Menteri BUMN Erick Thohir 

SINYAL dukungan Ketua Umum Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Nahdlatul Ulama (NU), Yaqut Cholil Qoumas kepada Menteri BUMN Erick Thohir dinilai berhasil memikat warga Nahdliyin. Dukungan Ansor kini semakin menguatkan langkah Erick Thohir untuk maju pada kontestasi pemilu 2024.

"Erick Thohir kian mendapat tempat di Ansor," ujar pengamat politik Surokim Abdussalam dalam keterangan yang diterima, Rabu (4/5).

Pernyataan untuk mendukung Erick Thohir maju pada Pilpres 2024 ditegaskan oleh Gus Yaqut dalam Tasyakuran Harlah ke-88 GP Ansor. Dukungan badan otonom NU tersebut akan membuka jalan Erick Thohir untuk menggerakkan massa akan rumput. Dukungan tersebut dinilai akan memberikan surplus elektoral untuk Erick Thohir.

"Erick Thohir harus bisa memaksimalkan itu untuk menguatkan elektabilitas dan ekspansi dukungannya, agar elektabilitasnya menjadi signifikan,” tutur Surokim yang merupakan peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) ini.

Akademisi Universitas Trunojoyo ini melihat, Gus Yaqut selaku Ketum GP Ansor, siap mendorong Ansor untuk mendukung Erick Thohir. Erick yang merupakan anggota badan kehormatan Banser ini dinilai memiliki kompetensi dan kapabilitas kepemimpinan yang dimiliki, sehingga tidak salah jika Ansor ingin mendorong kader terbaiknya untuk maju di Pilpres 2024.

"Semua sedang menimbang elektabilitas dan keunggulan calon. Kian baik elektabilitas dan kian positif pergerakannya, maka tidak ada salahnya untuk mendukung keluarga besar dan kader sendiri untuk maju," pungkas Surokim. (RO/OL-15)

 

BERITA TERKAIT