01 May 2022, 16:30 WIB

Demokrat Buka Opsi Berkoalisi dengan PDIP di Pilpres


Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Politik dan Hukum

Antara
 Antara
Pelajar melintasi mural bertema wajah Presiden Indonesia di wilayah Bandung, Jawa Barat.

KOORDINATOR Juru Bicara DPP Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra mengungkapkan [oihaknya tidak menutup kemungkinan untuk membangun koalisi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) untuk Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang.

“Masih terbuka kemungkinan bagi kami untuk berkoalisi dengan parpol mana saja untuk Pilpres 2024, termasuk PDIP,” ungkap Herzaky kepada Media Indonesia, Minggu (1/5).

Namun, lanjut dia, mesti dipahami upaya merajut koalisi tersebut tidak akan mudah. Herzaky menilai perlu ada kesepahaman dalam pandangan dan cara mengelola negeri ke depan.

Baca juga: AHY Fokus Kembalikan Kejayaan Demokrat di 2024

Menurutnya, Partai Demokrat yang dipimpin Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), bakal berkoalisi dengan partai politik (parpol) yang benar-benar mengutamakan rakyat di kebijakan pemerintahan.

“Lalu, sesama parpol yang benar-benar berupaya menjaga NKRI, Pancasila dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kebijakan dan keseharian, bukan dalam jargon semata,” pungkas Herzaky.

Baca juga: Emak-emak Jatim Satu Suara Dukung Erick Thohir di Pilpres 2024

Sebelumnya, pendiri Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), Saiful Mujani, berpendapat bahwa PDIP dan Demokrat bakal sulit menjalin koalisi pada Pilpres 2024 mendatang.

"Hal ini terlihat sejak 2004, saat Partai Demokrat berkuasa. PDIP memilih menjadi oposisi dan saat PDIP berkuasa, ada usaha dari Partai Demokrat untuk masuk Istana, namun PDIP tidak menerima," tutur Saiful.(OL-11)

 

BERITA TERKAIT